SURVEI TINGKAT KEMAMPUAN DAYA TAHAN AEROBIK PADA ATLET SEPAK BOLA PERSPA PACITAN U-17 TAHUN 2024
Keywords:
Kebugaran Aerobik, Atlet Sepak Bola, Tim Perspa Pacitan U-17Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kebugaran aerobik atlet sepak bola yang tergabung dalam tim Perspa Pacitan U-17. Jenis penelitian ini merupakan penelitian-penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu menggambarkan tentang tingkat kebugaran aerobik atlet dengan data sesuai apa adanya. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh peserta tim sepak bola PERSPA U-17 putra dengan jumlah 22 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multistage Fitness Test. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif dengan rumus persentase. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan deskripsi kuantitatif yang dibantu dengan bantuan program IBM SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil penelitian diketahui tingkat kebugaran aerobik atlet sepak bola anggota pemain tim Perspa Pacitan U-17 adalah: Sangat Buruk 0 (0%), Buruk 6 (27 %), Sedang 13 (59%), Baik 3 (14%), dan Sangat Baik 0 (0%). Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat kebugaran aerobic atlet sepak bola anggota pemain tim Perspa Pacitan U-17 adalah sedang.
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Kharisma, Y., & Mubarok, M. Z. (2020). Analisis Tingkat Daya Tahan Aerobik Pada Atlet Futsal Putri AFKAB Indramayu. Physical Activity Journal, 1(2), 125. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2349
M. Akbar Husein Allsabah. (2021). Survei Kapasitas Daya Tahan Aerobik (Vo2 Max) Pada Pemain Sepakbola Persik Usia 20 Tahun. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 174–180. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1260
Maulana, H., & Faruk, M. (2021). Tingkat Kondisi Fisik Atlet Sepakbola Puslatda Jatim (Study akhir priode persiapan kusus). Jurnal Prestasi Olahraga, 4(9), 1–9.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta
Unique, A. (2016). 済無No Title No Title No Title. 4(0), 1–23.