Main Article Content

Abstract

Tujuan dari dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan konsep matematis siswa dalam mengerjakan soal tes essay berupa soal cerita dan juga menjadikan sebagai referensi untuk guru matematika agar mengurangi kesalahan konsep matematika dari guru ke siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  dengan metode deskriptif. Dalam penelitian ini sumber data yang digunakan yaitu dari sampel siswa kelas VIII F dan 1 orang guru SMPN 1 Sungai Penuh. Teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Siswa sudah bisa melakukan penerapan konsep pada soal  dengan baik akan tetapi terdapat beberapa siswa yang masih bingung tentang penerapan konsep dan pada soal cerita, siswa sudah mengerti cara memahami soal dan penerapannya ke konsep matematika tetapi sebagian siswa masih ada yang bingung jika diberikan soal cerita karena belum bisa memahami konsep matematika yang terdapat pada soal cerita.

Keywords

Analisis Kesalahan, Konsep, Matematika, Soal Cerita Error Analysis, Concept, Mathematic, Story Questions

Article Details

How to Cite
aien, nurul, & Erita, S. (2024). Analisis kesalahan konsep matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita kelas VIII SMPN 1 Sungai Penuh. EDUMATIC, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.21137/edumatic.v5i1.963

References

  1. Andriani, N., Sutarto, S., & Ayu Febrilia, B. R. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Keliling Dan Luas Lingkaran Smpn 3 Narmada Ditinjau Dari Peta Kognitif. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 2(1), 20–32. https://doi.org/10.47165/jpin.v2i1.64
  2. Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033
  3. Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
  4. Hakim, M. A. N., & Hendriana, B. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pembelajaran Daring. JPMI (Jurnal Pembelajaran …, 5(4), 1041–1048. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.1041-1048
  5. Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Didaktik Matematika, 1(2), 30–42.
  6. Inganah, S., Nabila, A. I., & Putri, O. R. U. (2021). Kesalahan Konstruksi Konsep Matematis Dalam Proses Representasi Visual Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1776. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3993
  7. Khaesarani, I. R., & Khairani Hasibuan, E. (2021). Studi Kepustakaan Tentang Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(3), 42. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/38716
  8. Mayasari, D., & Habeahan, N. L. S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 252. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3265
  9. Neno, W. A., Daniel, F., & Taneo, P. N. L. (2020). Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Pembelajaran dengan Pendekatan CTL. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 4(1), 12. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v4i1.12356
  10. Prasasti, D., Awalina, F. M., & Hasana, U. U. (2020). Permasalahan Pemahaman Konsep Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas 3 Semester 1. Manazhim, 2(1), 45–53. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.659
  11. Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
  12. Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear dengan prosedur Newman. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185. http://jurnal.uns.ac.id/jpm
  13. Rohman, Syaifudin, N. A. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Di SMA Negeri 14 Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 5(2), 165–173. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/jp2m.v5i2.4333
  14. Siagian, M. D. (2017). Pembelajaran Matematika Dalam Persfektif Konstruktivisme. NIZHAMIYAH: Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, VII(2), 61–73.
  15. Simbolon, F. J., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2020). Pengaruh Pendekatan Resource Based Leaarning (RBL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(2), 77–88. https://doi.org/10.23960/mtk/v8i2.pp76-88
  16. Sugiyanti. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Membuat Skets Grafik Fungsi Aljabar Sederhana Pada Sistem Koordinat Kartesius Melalui. Edunomika, 02(01), 175–186. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/195
  17. Yuliani, E. N., Zulfah, Z., & Zulhendri, Z. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Kuok. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91–100. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.51