Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat metode mengajar Matematika pada siswa berkebutuhan khusus tuna grahita dan autis di SLB YKK Pacitan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Data diambil dengan melakukan wawancara kepada lima guru Matematika di SLB YKK Pacitan. Peneliti menggunakan instrumen panduan wawancara dengan penekanan pada penggalian metode mengajar Matematika bagi siswa berkebutuhan khusus tuna grahita dan autis. Selain itu, peneliti juga melakukan observasi. Setelah data terkumpul, peneliti menganalisis data dengan tahapan membuat coding data/klasifikasi data, menyajikan dan menguraikan data, dan membuat kesimpulan. Penelitian ini dilakukan selama bulan Juni-Juli tahun 2023. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru harus memahami prinsip pengajaran tuna grahita dan autis sebelum mengajar. Prinsip pengajaran pada anak tuna grahita mencakup pengembangan potensi, tidak berbasis kelas, kolaborasi dengan orang tua, modifikasi kurikulum, modifikasi perilaku, dan proses evaluasi belajar yang runtut. Metode pengajaran anak tuna grahita menggunakan benda konkrit, pembelajaran langsung dengan instruksi langsung, pembelajaran kooperatif, dan metode pengulangan. Sedangkan prinsip pengajaran anak autis meliputi efikasi orang tua, membangun konsentrasi, dan memetakan gangguan. Metode yang dipakai guru meliputi metode Lovaas atau ABA, TEACCH, Son-Rise Program, PEC (Picture Exchange Communication), dan terapi sensori integrasi.

Article Details

How to Cite
Sutarman. (2024). Metode pengajaran matematika pada anak berkebutuhan khusus tuna grahita dan autis di SLB YKK pacitan. EDUMATIC, 5(1), 50–63. https://doi.org/10.21137/edumatic.v5i1.904 (Original work published January 23, 2024)

References

  1. Albintary, R., Rahmawati, H., & Tantiani, F. F. (2018). Dukungan Sosial Dan Parenting Self-Efficacy Pada Orang Tua Anak Autism Spectrum Disorder Di KotA. 07(April), 46–52.
  2. Alimin, Z. (2011). Model Pembelajaran Anak Tunagrahita { Intellectual Disability ) Melalui Pendekatan Konseling. JAASI_Anakku, 10(2), 165–175.
  3. Arista, Y., & Masitoh, S. (2013). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Anak Tunagrahita Ringan Yeni Arista 091044206 dan Siti Masitoh.
  4. Ariyanti, G., Easti, A., Maya, R., & Wicaksono, D. A. (2021). Pendampingan Belajar Matematika Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Bhakti Luhur Kota Madiun. Jurnal Abdimas BSI, 4(2), 296–301.
  5. Astuti, W., & Indianto, R. (2014). Penggunaan Media Benda Konkret Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Anak Tunagrahita Pada Pokok Bahasan Perkalian. JRR, 23(1), 22–28.
  6. Badan Pusat Statistik. (2018). Statistik Kesejahteraan Rakyat 2018. https://www.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=ODFlZGUyZDU2Njk4YzA3ZDUxMGY2OTgz&xzmn=aHR0cHM6Ly93d3cuYnBzLmdvLmlkL3B1YmxpY2F0aW9uLzIwMTgvMTEvMjYvODFlZGUyZDU2Njk4YzA3ZDUxMGY2OTgzL3N0YXRpc3Rpay1rZXNlamFodGVyYWFuLXJha3lhdC0yMDE4Lmh0bWw%3D&twoadfnoarfeauf=MjAyMy0wNy0xOSAyMDo1MjozOQ%3D%3D
  7. Carr, M. E., & Seah, W. T. (2019). Mathematics education for students with Autism Spectrum Disorder : Where Annales Universitatis Paedagogicae Cracoviensis Mathematics education for students with Autism. Annales Universitatis Paedagogicae Cracoviensis Studia Ad Didacticam Mathematicae Pertinentia 10(2018), July. https://doi.org/10.24917/20809751.10.2
  8. Dani, R. A. (2018). Penerapan Picture Exchange Communication System (Pecs) Dalam Meningkatkan Komunikasi Verbal Anak Autism Spectrum Disorder (Asd). Widya Warta, 12(02), 162–172.
  9. Faradillah, Y. A. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Dot Cards Terhadap Kemampuan Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Anak Autis Di Sdlb. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–13.
  10. Fatimah, S., & Sari, M. (2017). Pendidikan Bagi Anak Tuna Grahita (Studi Kasus Tunagrahita Sedang Di Slb N Purwakarta). Jurnal Penelitian Dan PKM, 4, 217–222.
  11. Febriyanti, C., & Irawan, A. (2018). Pembelajaran matematika pada siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. 2(1), 99–106.
  12. Firdaus, H. P. E., & Haq, A. F. D. (2020). Metode mengajar matematika untuk siswa autis bergaya belajar visual-auditorial. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Ilmu Matematika (SENANDIKA) 2020. https://doi.org/ISBN: 978-623-71141-2-8
  13. Hendrifik, D. (2016). Terapi bermain untuk meningkatkan konsentrasi pada anak yang mengalami gangguan autis. PROCEDIA: Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 4(1).
  14. Imania, K. A. N., & Bariqah, S. H. (2018). Pemanfaatan Program Pembelajaran Lovaas ( Aba ) Dengan Pendekatan Icare Kemampuan General Life Skill. Jurnal PETIK Volume, 4(1), 57–70.
  15. Khasanah, R., Shodiq, M. A. M., & Irvan, M. (2021). Brain Gym sebagai Sarana untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar pada Siswa Autis. Jurnal Ortopedagogia, 7(c), 1–7.
  16. Kurniawan, A. (2021). Deteksi Dini Anak Autism. Jurnal Ortopedagogia, 7(1), 57–61.
  17. Kusdiyati, S. (2000). Deteksi Dini Gangguan Perkembangan Autism. 260–268.
  18. Luh, N., & Ekaningtyas, D. (2019). Parenting Education Guna Meningkatkan Parenting Self-Efficacy Pada Orang Tua Dari Anak Dengan. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 30–39. https://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/issue/archive
  19. Maisarah, S., Saleh, J., & Husna, N. (2018). ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DAN PERMASALAHANNYA ( STUDI DI KEMUKIMAN PAGAR AIR KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR ) * Alumni Prodi Pengembangan Masyarakat Islam ( PMI ) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh ** Dosen pada P. Jurnal Al-Ijtimaiyyah, 4(1), 9–25.
  20. Maulidiyah, F. N. (2020). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif untuk Anak Tunagrahita Ringan Interactive Multimedia Learning Media for Children with Light Developmental Disabilities. JURNAL PENDIDIKAN, 29(2), 93–100. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647
  21. Mawantia, N. D., & Cholily, Y. M. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa Tunagrahita Menggunakan Model STAD Berbantuan Puzzle di Kelas 1 Sekolah Dasar. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 9(1), 28–39. https://doi.org/p-ISSN: 2338-1140, e-ISSN: 2527-3043
  22. Melia, S. (2020). JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Peran Orang tua dalam Melatih Disiplin pada Anak Tunagrahita. JOTE JOURNAL ON TEACHER EDUCATION, 2(1), 59–65.
  23. Nurmalita, R., & Utami, W. B. (2021). Pendidikan Matematika Universitas Pancasakti Tegal Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk : Mendeskripsikan letak dan jenis kesulitan belajar matematika pada siswa tunagrahita ringan dalam menyelesaikan soal operasi bilangan bulat kelas IV SLB Negeri. Dialektika P. Matematika, 8(1), 459–473.
  24. Pasapan, S. M., Malang, K., & Info, A. (2021). Implementasi Metode Teacch Dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Bacaan Anak Autis di SLB Bhakti Luhur Malang. Special and Inclusive Education Journal, 2(2), 140–151.
  25. Rahmawati, E., Nur, A., & Damarratih, R. (2021). Potensi Alat Peraga Fun Fraction Set dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan Bagi Siswa Tunagrahita. 4, 160–166.
  26. Rusdaini, N., A, T. T. W., Sholihah, W., Matematika, P., Sunan, U. I. N., & Djati, G. (2022). Strategi Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Dengan Autisme Berat Mathematics Learning Strategies for Students With Severe Autism. Gunung Djati Conference S Eries, Volume 12 (2022) Mathematics Education on Research Publication (MERP I ), 12(2), 59–63.
  27. Sa, A., Huda, A., & Irvan, M. (2022). Implementasi TEACCH Dalam Pembelajaran untuk Siswa Autisme di Sekolah Khusus. Jurnal O, 8(1), 12–18.
  28. Sabaruddin, Anggraeni, F., & Sari, R. (2009). PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGENALAN NUMERIK PADA ANAK AUTIS. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(2), 15–24.
  29. Sanusi, R., Dianasari, E. L., Khairiyah, K. Y., & Chairudin, R. (2014). Penggunaan Media Benda Konkret Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas Dasar Iii Di Slb Insan Mandiri Dlingo Bantul. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama) Vol., 7(April).
  30. Saputra, W. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Pada Anak Tuna Grahita ( Disabilitas Intelektual ) Di Sekolah Luar Biasa Pangkal Pinang. 3(2), 82–91.
  31. Sari, A., & Muliati, I. (2021). Strategi Pembelajaran PAI Bagi Anak Tunagrahita di SLB Negeri 1 Panti. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7010–7015.
  32. Sari, M. (2021). Keterampilan Teknik Bermain Bola Basket Untuk Siswa Tunagrahita Kelas Xi Smalb-C. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(1), 53–60. https://doi.org/doi.org/10.21009/PIP.351.6 Volume
  33. Sumiatiningsih, N. (2021). Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus ( Tunarungu ) Di Sekolah Luar Biasa Sinar Harapan 2 Kademangan Kota Probolinggo SkripsI Diajukan kepada Institut Agama Islam Negeri Jember untuk memenuhi salah satu persyaratan memperoleh Fakultas Tarbi. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER.
  34. Supena, A. (2022). Efektifitas Son-Rise Program dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa , Sosial Komunikasi pada Anak Autis. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2753–2776. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.964
  35. Syafitri, I. (2016). Strategi Kooperatif Learning Merupakan Salah Satu Alternatif Meningkatkan Partisipasi Siswa Tunagrahita Ringan Dalam Pembelajaran IPA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas DVI SLB N Ganting Bukittinggi). E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 5(2), 78–89.
  36. Trisnaningratih, V. (2015). Model Pengajaran Langsung ( Direct Instruction ) Terhadap Kemampuan Berbelanja Sederhana Bagi Anak Tunagrahita Ringan. In Jurnal Pendidikan Khusus.
  37. Ulva, M., Studi, P., Matematika, P., Islam, U., Syarif, S., Riau, K., Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Ilmu, F., Pahlawan, U., & Tambusai, T. (2020). journal on teacher education research & learning in faculty of education proses pembelajaran matematika pada anak berkebutuhan khusus ( autisme ) di sekolah inklusif. 1, 9–19.
  38. Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. (2019). PRINSIP KHUSUS DAN JENIS LAYANAN PENDIDIKAN BAGI ANAK TUNAGRAHITA. Jurnal Santiaji Pendidikan, 9(2).
  39. Wulandari, D. R., & Zainudin, M. (2022). Masalah Dan Kesulitan Belajar Yang Dihadapi Siswa Sekolah Luar Biasa ( Slb ) Negeri Sukamaju Abung. J’THOMS (Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science) 1(2), 1(2), 36–42.
  40. Wulandari, K. (2019). Peningkatan kemampuan penggunaan uang dalam pembelajaran matematika pada anak tunagrahita kategori ringan melalui bermain peran jual beli di sekolah luar biasa negeri 1 sleman, d.i yogyakarta. Jurnal Widia Ortodidaktika, 8(1), 81–91.