Main Article Content

Abstract

Quantitative research approach with the type of implementation survey research to find out whether mathematics learning achievement is influenced by student’s attitudes and learning independence. The sample in this study was 88 students in class IX at SMP Negeri 10 Tarakan. The distribution of student attitude questionnaires and student learning independence was carried out to collect data, then added to the midterm assessment document (PTS). F-test is used in analyzing data through SPSS 23.0. The results of this study indicate that there is a simultaneous influence between students' attitudes and independent learning on mathematics learning achievement, which is equal to 24.9%

Keywords

Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar Matematika Independent Learning, Mathematical Learning Achievement

Article Details

How to Cite
Susanti, D. (2024). Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. EDUMATIC, 5(1), 15–20. https://doi.org/10.21137/edumatic.v5i1.809

References

  1. Afiani, N. (2016). Pengaruh kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 1-13. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1844
  2. Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).
  3. Aulia, Z., & Armiati, A. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum di SMK Negeri 1 Padang Panjang. Jurnal Ecogen, 2(4), 811. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7858
  4. Haroen, Z. A. 2015. Pengaruh Kemandirian Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jakarta: Unindra Pres.
  5. Iqbal, M., Hamid, H., & Susanti, D. (2022). Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika di Masa Pandemi. Mathematic Education And Aplication Journal (META), 4(1), 8-13.
  6. Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh kemandirian belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).
  7. Nurwahyuni, N. 2013. Pengaruh Konsep Diri Siswa dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMP di Palu Sulawesi Tengah. Tri Sentral Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(4).
  8. Purnomo, Y. (2017). Pengaruh sikap siswa pada pelajaran matematika dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 93-105. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1897
  9. Rusmiyati, F. (2017). Pengaruh kemandirian dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar metematika siswa kelas x sma negeri 1 rongkop. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 77-86. https://doi.org/10.30738/.v5i1.931
  10. Sari, P. P., Hidayah, N., & Najibufahmi, M. (2021). Pengaruh Kemandirian dan Kreativitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika dalam Pembelajaran Daring. CIRCLE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(01), 71-82. https://doi.org/10.28918/circle.v1i1.3610
  11. Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).
  12. Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
  13. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. R&D). Bandung: PT. Alfabeta.
  14. Tani, S., & Ekawati, E. Y. (2017). Peningkatan kemandirian belajar peserta didik pada materi teori kinetik gas melalui penerapan media pembelajaran interaktif berbasis ispring suite 8. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 7(2), 13-16.
  15. Uki, F., & Ilham, A. (2020). Pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar di sdn 03 limboto barat kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 89-95. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.1.89-95.2020
  16. Winata, R., Friantini, R. N., & Astuti, R. (2021). Kemandirian belajar dan kedisipilinan belajar terhadap prestasi mahasiswa pada perkuliahan daring. JURNAL e-DuMath, 7(1), 18-26. https://doi.org/10.52657/je.v7i1.1343