Main Article Content
Abstract
Abstrak—Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi relasi dan fungsi ditinjau dari perbedaan gender kelas VIII SMPN 2 Parengan Kabupaten Tuban. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMPN 2 Parengan Kabupaten Tuban tahun pelajaran 2022/2023, dan subjek penelitian adalah 4 siswa terpilih dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator 1, kemampuan komunikasi matematis siswa perempuan lebih unggul baik secara lisan maupun tertulis dalam mengekspresikan ide-ide matematika dari pada siswa laki-laki, namun dalam mendemonstrasikan dan menggambarkan bentuk hubungannya, baik siswa laki-laki ataupun perempuan dapat mengkomunikasikan secara visual. Pada indikator 2, kemampuan komunikasi matematis siswa perempuan dan siswa laki-laki sama-sama mampu memahami, menginterpretasikan, dan mengevaluasi baik secara lisan maupun bentuk visual lainnya, namun pada indikator 2 ini, siswa laki-laki cenderung lebih mampu mengkomunikasikan secara lisan. Pada indikator 3, kemampuan komunikasi matematis siswa laki-laki lebih baik dari siswa perempuan dalam menggunakan istilah dan notasi dalam menyajikan ide matematisnya, menggambarkan hubungan, dan model-model situasi.
- Kata Kunci—Kemampuan Komunikasi Matematis, Gender, Relasi dan Fungsi
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Ansari, M. P. (2018). Komunikasi Matematika, Strategi Berpikir dan Manajemen Belajar: Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Penerbit PeNA.
- Ariawan, R., & Nufus, H. (2017, Januari). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), Vol. 1 No. 2, 82-91.
- Ekasari, D. F. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Ditinjau dari Gender Kelas Vii SMP Negeri 2 Kembang Tahun Ajaran 2016/2017. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP), Surakarta: Tidak Diterbitkan.
- Hakim, H., Daulay, L. A., & Listari, M. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gender Siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Volume. 4, No. 1, 18-23.
- Mutiarani, A., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi persamaan dan fungsi kuadrat berdasarkan gender di desa sukamenak. PowerMathEdu, Vol 01, No 01, 01-14.
- Nashihah, U. H. (2020). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pendekatan Saintifik: Sebuah Perspektif. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2, Nomor 2, 179-188.
- Pertiwi, R. D., & Siswono, T. Y. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Transformasi Geometri Ditinjau dari Gender. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, Vol. 1, No. 1, 27-36.
- Rosidah, I. D., Nadya, Uswatun, & Sulistiawati. (2019). ANALISIS PROBLEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI RELASI DAN FUNGSI. SEMINAR NASIONAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA(SNP2M), 56-62.
- Savitri, D. A., & Yuliani, A. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN TRIGONOMETRI DITINJAU DARI GENDER BERDASARKKAN NEWMAN. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, Volume 3 , No. 5, 463-474.
- Yuda, A. (2022, Maret 25). Pengertian Purposive Sampling, Tujuan, Syarat Penggunaan, Kelebihan, Kekurangan, dan Jenisnya. Retrieved Januari 17, 2023, from Bola: https://www.bola.com/ragam/read/49200073/pengertian-purposive-sampling-tujuan-syarat-penggunaan-kelebihan-kekurangan-dan-jenisnya
References
Ansari, M. P. (2018). Komunikasi Matematika, Strategi Berpikir dan Manajemen Belajar: Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Penerbit PeNA.
Ariawan, R., & Nufus, H. (2017, Januari). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), Vol. 1 No. 2, 82-91.
Ekasari, D. F. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Ditinjau dari Gender Kelas Vii SMP Negeri 2 Kembang Tahun Ajaran 2016/2017. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP), Surakarta: Tidak Diterbitkan.
Hakim, H., Daulay, L. A., & Listari, M. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gender Siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Volume. 4, No. 1, 18-23.
Mutiarani, A., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi persamaan dan fungsi kuadrat berdasarkan gender di desa sukamenak. PowerMathEdu, Vol 01, No 01, 01-14.
Nashihah, U. H. (2020). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pendekatan Saintifik: Sebuah Perspektif. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2, Nomor 2, 179-188.
Pertiwi, R. D., & Siswono, T. Y. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Transformasi Geometri Ditinjau dari Gender. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, Vol. 1, No. 1, 27-36.
Rosidah, I. D., Nadya, Uswatun, & Sulistiawati. (2019). ANALISIS PROBLEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI RELASI DAN FUNGSI. SEMINAR NASIONAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA(SNP2M), 56-62.
Savitri, D. A., & Yuliani, A. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN TRIGONOMETRI DITINJAU DARI GENDER BERDASARKKAN NEWMAN. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, Volume 3 , No. 5, 463-474.
Yuda, A. (2022, Maret 25). Pengertian Purposive Sampling, Tujuan, Syarat Penggunaan, Kelebihan, Kekurangan, dan Jenisnya. Retrieved Januari 17, 2023, from Bola: https://www.bola.com/ragam/read/49200073/pengertian-purposive-sampling-tujuan-syarat-penggunaan-kelebihan-kekurangan-dan-jenisnya