Main Article Content
Abstract
The research aims to develop LKPD containing 6C and to know the quality of the LKPD that has been developed. This research is a development research (R&D) with a 4-D development model namely Define, Design, Develop, and Disseminate. The results showed that the developed LKPD had good quality based on the results of expert validation and development trials. Expert validation was carried out with 3 validators namely material expert validation, design expert validation, and linguist validation with successive percentage scores of 85%, 84%, 96% with very good criteria. Development trials were carried out 2 times with a percentage score of 77% and 83% with good and very good criteria.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal. Vol. 3 Tahun 2019.
- Darmawati, Nursyamsi (et al). 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika. No. 1 Vol. 7 Tahun 2019.
- Effendi, Refki (et al). 2021. Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah. Research & Learning in Elementary Education. No. 2 Vol. 5 Tahun 2021 Hal. 920-929.
- Fauziah, Manis & Qomariyah, Nur. 2020. Kelayakan LKPD Materi Sistem Pernapasan Untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains dan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. No. 3 Vol. 9 Tahun 2020.
- Indarta, Yose (et al). 2022. Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. No. 2 Vol. 4 Tahun 2022 Hal. 3011-3024.
- Islami, Desi Fajri & Fitri, Rahmadhani. 2021. Developmet of Students Worksheets Oriented 4C Skills on Biology Subject for Class XI Smemester II (Define Phase). Ruang-ruang Kelas: Jurnal Pendidikan Biologi. No. 1 Vol. 1 Tahun 2021.
- Khasanah, Uswatun & Herina. 2019. Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. No. 12 Vol. 1 Tahun 2019.
- Magdalena, Ina (et al). 2020. Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. No. 2 Vol. 2 Tahun 2020.
- Noprinda, Chintia Tri & Soleh, Sofyan. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. No. 2 Vol. 2 Tahun 2019 Hal. 168-176.
- Sapitri (et al). 2022. Pengembangan LKPD Berbasis Pemecahan Masalah Dengan Pendekatan C Untuk MeningkatkanKemampuan Berpikir Kritis Siswa. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. No. 1 Vol. 6 Tahun 2022.
- Simanjuntak, Mariati Purnama (et al). 2019. Desain Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap 4C. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI). No. 7 Vol. 3 Tahun 2019 Hal. 38-46.
- Solikhah, Sintya Amatus & Novita, Dian. 2020. Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Guided Discovery Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA. UNESA Journal of Chemical Education. No. 2 Vol. 9 Tahun 2020.
- Syamsu, Fetro Dora. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Genta Mulia. No 1 Vol. 11 Tahun 2020 Hal. 65-79.
- Wahyudi, Adip. 2022. Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar dalam Pembelajaran IPS. JESS: Jurnal Education Social Science. No. 2 Vol. 1 Tahun 2022.
References
Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal. Vol. 3 Tahun 2019.
Darmawati, Nursyamsi (et al). 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika. No. 1 Vol. 7 Tahun 2019.
Effendi, Refki (et al). 2021. Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah. Research & Learning in Elementary Education. No. 2 Vol. 5 Tahun 2021 Hal. 920-929.
Fauziah, Manis & Qomariyah, Nur. 2020. Kelayakan LKPD Materi Sistem Pernapasan Untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains dan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. No. 3 Vol. 9 Tahun 2020.
Indarta, Yose (et al). 2022. Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. No. 2 Vol. 4 Tahun 2022 Hal. 3011-3024.
Islami, Desi Fajri & Fitri, Rahmadhani. 2021. Developmet of Students Worksheets Oriented 4C Skills on Biology Subject for Class XI Smemester II (Define Phase). Ruang-ruang Kelas: Jurnal Pendidikan Biologi. No. 1 Vol. 1 Tahun 2021.
Khasanah, Uswatun & Herina. 2019. Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. No. 12 Vol. 1 Tahun 2019.
Magdalena, Ina (et al). 2020. Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. No. 2 Vol. 2 Tahun 2020.
Noprinda, Chintia Tri & Soleh, Sofyan. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. No. 2 Vol. 2 Tahun 2019 Hal. 168-176.
Sapitri (et al). 2022. Pengembangan LKPD Berbasis Pemecahan Masalah Dengan Pendekatan C Untuk MeningkatkanKemampuan Berpikir Kritis Siswa. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. No. 1 Vol. 6 Tahun 2022.
Simanjuntak, Mariati Purnama (et al). 2019. Desain Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap 4C. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI). No. 7 Vol. 3 Tahun 2019 Hal. 38-46.
Solikhah, Sintya Amatus & Novita, Dian. 2020. Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Guided Discovery Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA. UNESA Journal of Chemical Education. No. 2 Vol. 9 Tahun 2020.
Syamsu, Fetro Dora. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Genta Mulia. No 1 Vol. 11 Tahun 2020 Hal. 65-79.
Wahyudi, Adip. 2022. Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar dalam Pembelajaran IPS. JESS: Jurnal Education Social Science. No. 2 Vol. 1 Tahun 2022.