Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa kelas VIII MTs Darul Falah Terpadu pada materi peluang ditinjau dari
gender. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang
disesuaikan dengan indikator serta analisis kemampuan pemecahan masalah berdasarkan
Teori Polya dan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian
ini berjumlah 15 siswa kelas VIII MTs Darul Falah Terpadu tahun ajaran 2022/2023. 15
subjek tersebut terdiri dari 10 siswa perempuan dan 5 siswa laki-laki. Penelitian ini
menggunakan metode observasi, tes, dan wawancara untuk pengumpulan data. Dari hasil ters
diambil 4 siswa yang memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. 4
siswa tersebut teridiri dari 2 siswa laki-laki yang memiliki kemampuan tinggi dan rendah,
serta 2 siswa perempuan yang memiliki kemampuan pemecahan masalah tinggi dan rendah. 4
siswa tersebut akan dijadikan sampel dan akan diwawancara lebih mendalam. Indikator
kemampuan pemecahan masalah matematis menurul teori Polya adalah memahami masalah,
merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. hasil penelitian
menunjukkan bahwa pada siswa laki-laki memiliki kemampuan lebih tinggi dari perempuan
dalam kemampuan pemecahan masalah, namun untuk perempuan juga tidak kalah baik
dengan laki-laki dalam kemampuan pemecahan masalah

Article Details

How to Cite
mutiah, siti, Rohman, N. . ., & Hasanudin, C. . (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTS Darul Falah Terpadu Pada Materi Peluang Ditinjau Dari Gender. JURNAL EDUMATIC, 4(2), 7–17. https://doi.org/10.21137/edumatic.v4i2.789

References

  1. Akbar,P.,Hamid,A.,Bernard,M.,&Sugandi,A.I.(2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas xi sma putra juang dalam materi peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1), 144-153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62
  2. Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-10.
  3. Annisa, R., Roza, Y., Maimunah, M., 2021.Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Gender. J. Kependidikan J. Has. Penelit.dan Kaji. Kepustakaan di Bid. Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 7, 481. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3688
  4. Aprillia, R., Indriani, A., Novianti, D.E., 2022. Analisis Pemahaman Matematis Siswa SMPN 3 Bojonegoro pada Materi Peluang Berdasarkan Teori APOS. JTHOMS (Journal Technol. Math. Soc. Sci. 2, 37—44.
  5. Ayuni, D. R. (2018). Profil Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender Pada materi Geometri di Kelas XI Keperawatan 1 SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Universitas Of Muhammadiyah Malang.
  6. Buranda, M. S., & Bernard, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Materi Lingkaran Siswa SMP Berdasarkan Gender. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif), 2(1), 33-40. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v2i1.p33-40
  7. Davita, P. W.C., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Pada materi Kubus dan Balok. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 6(2), 86-89.
  8. Hendriana, Heris. (2018). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
  9. Hermain, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dari Perspektif Minat Belajar?. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 141-148.
  10. Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109—118.
  11. Indahsari, A. T., & Fitrianna, A. Y. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X dalam menyelesaikan SPLDV. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(2), 77-86. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v2i2.p77-86
  12. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Observasi. (2020). Dari:
  13. https://kbbi.kemdikbud.go.id/
  14. Kesumawati, N. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Pemecahan Masalah, dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
  15. Lahinda, Y., & Jailani, J. (2015). Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 148-161.
  16. Lestari, W., Kusmayadi, T.A., Nurhasanah, F., 2021.Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender. AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat. 10, 1141. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3661
  17. Mz, Z. A. (2013). Perspektif Gender dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 14—31.
  18. Mubeen, S., Saeed, S., & Arif, M. H. (2013). Attitude Towards Mathematics and Academic Achievement in Mathematics among Secondary Level Boys and Girls. Journal of Humanities and Social Science, 6(4), 38—41.
  19. Nitko, A. J. 2011. Educational Assessment of Student. Englewood Cliffs. NJ: Merrill
  20. Prentice Hall, Inc.
  21. Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Kreano, Jurnal Matematika KreatifInovatif, 9(2), 139—148.
  22. Nurcholis, R. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER. Euclid, 8(1), 41-50. http://dx.doi.org/10.33603/e.v8i1.3205
  23. Nurhayati, E. (2018). Psikologi Perempuan dalam Berbagai Perspektif. Pustaka Pelajar.
  24. OECD. 2019. PISA 2018 Results: What Students Know and Can Do — Student
  25. Performance in Mathematics, Reading and Science Volume I. PISA: OECD
  26. Publishing.
  27. Polya, G. (1973). How to Solve It (2nd ed.). New Jersey: Prence University Press.
  28. Rahmat, S.K., Arham, H.R., 2022. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik pada Materi Peluang. Lattice J. J. Math. Educ. Appl. 2, 27. https://doi.org/10.30983/lattice.v2i1.5542
  29. Rambe, A.Y.F., Afri, L.D., 2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Dan Deret. AXIOM J. Pendidik. dan Mat. 9, 175. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069
  30. Rizki, N., Prayitno, S., Hikmah, N., Turmuzi, M., 2021.Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IX SMP Ditinjau Dari Gender. Griya J. Math. Educ. Appl. 1, 328—337. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.71
  31. Rohman, N., n.d. Dan Komunikasi Matematika Siswa Kelas Vii a Smp Plus Al-Amanah Bojonegoro 1287—1294.
  32. Rohman, N., Utami, A.D., Devi, E.A., 2020. Analisis Level Pemahaman Mahasiswa Dalam Memecahkan Maslaah Matematik Pada Pokok Bahasan Sifat Fungsi. EDUMATIC J. Pendidik. Mat. 1, 1—14.
  33. Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran matematika berbasis pengajuan dan pemecahan masalah fokus pada berpikir kritis dan berpikir kreatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  34. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
  35. Bandung: Alfabeta.
  36. Sukestiyarno. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Semarang: UNNES
  37. Press.
  38. Sukriadi & Kurniawan. (2019). Profil Penalaran Siswa SMP dalam
  39. Pemecahan Masalah Matematika TIMSS Ditinjau dari Perbedaan
  40. Gender. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 4(1): 36-41.
  41. Susilowati, J. P. A. (2016). Profil Penalaran Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(2), 132—148.
  42. Tunnajach, N. F.<& Gunawan, G. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Kontekstual pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Gender. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 7-14.https://doi.org/10.31002/mathlocus.v2i1.1467
  43. Ulya, H., & Kartono, A. R. (2014). Analysis of Mathematics Problem Solving Ability of Junior High School Students Viewed from Students Cognitive Style. Journal of Education and Practice, 2(10), 577—582.
  44. Widodo, H. (2015). Potret Pendidikan Di Indonesia dan Kesiapannya dalam
  45. Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). 13(2). DOI:
  46. https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.250