Main Article Content

Abstract

tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) mengetahui pengaruh konsentrasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. 2) mengetahui pengaruh literasi numerasi terhadap hasil belajar matematika siswa. 3) mengetahui pengaruh konsentrasi belajar dan literasi numerasi terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Pacitan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen angket konsentrasi belajar dan instrumen tes literasi numerasi. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) konsentrasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 8,4%. 2) literasi numerasi berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 9,4%. 3) konsentrasi belajar dan literasi numerasi berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 16,1%.

Article Details

How to Cite
Widyati, N., Mulyadi, M., & Susanto, H. P. (2023). Pengaruh Konsentrasi Belajar Dan Literasi Numerasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI TKJ SMK. JURNAL EDUMATIC, 4(1), 31–38. https://doi.org/10.21137/edumatic.v4i1.690