Main Article Content

Abstract

Hasil penelitian yang dilakukan untuk mengetahui pengembangan LKPD berbasis kearifan lokal dan respon dari peserta didik setelah menggunakan LKPD yang sudah dikembangkan. Kearifan lokal Donorojo yang diambil sebagai bahan LKPD adalah anyaman bambu, wayang beber, upacara adat ceprotan, dan produksi tahu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan menurut Sugiyono dengan 10 tahapan penelitian tetapi pada penelitian ini hanya sampai pada 6 tahapan yaitu Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain dan Uji Coba Produk. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara dan kuesioner (angket). Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kearifan lokal telah diuji kevalidanya berdasarkan peneliti berikut Uji validitas ahli materi diperoleh skor rata-rata keseluruhan 91% dengan kategori “Sangat Valid” sedangkan uji validitas ahli media diperoleh skor rata-rata keseluruhan 90% dengan kategori “Sangat Valid”. Respon Peserta Didik terhadap LKPD berbasis kearifan lokal dengan 18 kategori. Hasil respon peserta didik menunjukkan kategori “Sangat Positif” dengan presentase rata-rata keseluruhan 87%.

Article Details

How to Cite
Wiyanti, T. G. ., Hidayat, T., & Nur Apriyani , D. C. . (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kearifan Lokal Kecamatan Donorojo. JURNAL EDUMATIC, 4(1), 24–30. https://doi.org/10.21137/edumatic.v4i1.638