Main Article Content

Abstract

Abstrak- Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kesulitan belajar daring yang
dialami oleh mahasiswa pendidikan matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui : 1) Apa saja kesulitan belajar mahasiswa pendidikan
matematika pada pembelajaran daring ditinjau dari efikasi diri tinggi, 2) apa saja
kesulitan belajar mahasiswa pendidikan matematika pada pembelajaran daring
ditinjau dari efikasi diri sedang, 3) apa saja kesulitan belajar mahasiswa
pendidikan matematika pada pembelajaran daring ditinjau dari efikasi diri rendah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data
menggunakan angket secara online dan wawancara secara online serta
dokumentasi. Sampel penelitian adalah semua mahasiswa prodi pendidikan
matematika semester II, IV dan VI sebanyak 40 mahasiswa. Dikarenakan adanya
pandemi covid-19, sehingga penelitian yang dilakukan menjadi terbatas.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kesulitan belajar
daring, angket efikasi diri, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan
model Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa
pendidikan matematika STKIP PGRI Pacitan dengan efikasi diri tinggi
mengalami kesulitan belajar pada aspek kesulitan teknis. Kemudian mahasiswa
dengan efikasi diri rendah mengalami kesulitan belajar juga pada aspek kesulitan
adaptasi mahasiswa dan aspek ketidaksiapan pengajar atau dosen. Sedangkan
mahasiswa dengan efikasi diri sedang mengalami kesulitan mahasiswa kesulitan
teknis, kesulitan adaptasi mahasiswa dan ketidaksiapan pengajar atau dosen.

Article Details

How to Cite
Putri, R. A. ., & Apriyani, D. C. N. . (2021). Analisis Kesulitan Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika Saat Mengikuti Pembelajaran Daring. Jurnal Edumatic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(01), 42–48. https://doi.org/10.21137/edumatic.v3i01.492

References

  1. Ali & Murni, Jelatu.2018.”Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Bermuatan HOTS ditinjau dari Kemampuan Koneksi Matematis”.Jurnal of Songke Math.Vol 1. No. 2 Tahun 2018.STKIP Santu Paulus.
  2. Annur,Muhamad Firman & Hermansyah.2020.“Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19”.Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan.Vol 11. No. 2 tahun 2020.Indonesia:STKIP Pamane Talino
  3. Ghufron, Nur & Risnawita Rini.2010.Teori-Teori Psikologi.Yogyakarta:AR-RUZZ MEDIA.
  4. Kemendikbud, 2020. Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.
  5. Lee, A.2020.Wuhan Novel coronavirus (COVID-19):why global control is challenging ? Public Healthy https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7130979/. Di akses pada 22 Februari 2021, Pukul 09.47.
  6. Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  7. Susanto, H. P., & Sutarti, T. (2019b). Fuzzy modelling to predict students’ attitudes toward mathematics using mathematical anxiety and self-efficacy data. Journal of Physics: Conference Series, 1360(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1360/1/012018
  8. Susanto, H. P., Sutarti, T., Abadi, A. M., & Hafidah, A. S. (2020). The Fuzzy Multiple Correlation and Its Application to Determine the Correlation of Math Anxiety with Math Self-Efficacy and Attitude. Proceedings of the International Conference on Agriculture, Social Sciences, Education, Technology and Health (ICASSETH 2019). https://doi.org/10.2991/assehr.k.200402.036
  9. Sutarti, T., Susanto, H. P., Hafidah, A. S., Abdul, M., & Anwar, M. (2019). Evaluating Anxiety, Self-Efficacy and Positive Attitude Correlation Towards Mathematics Through Fuzzy Correlation Utilization. Journal of Engineering and Applied Sciences, 14(7), 2340–2344.
  10. Widyninggar, Anggi Ajeng.(2014).”Pengaruh Efikasi Diri dan Lokus Kendali (Locus of Control) terhadap Prestasi Belajar Matematika”.Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.Vol. 4 No.2 tahun 2014.Universtas Indraprasta PGRI..doi: 10.30998/formatif.v4i2.143.