Main Article Content
Abstract
Abstrak—Pembelajaran daring yang dilaksanakan SMP N 1 Kebonagung pada masa
pandemi covid-19 mengkondisikan siswa untuk belajar di rumah. Proses pembelajaran yang
tidak cukup mudah karena siswa dituntut untuk belajar mandiri. Banyak hal yang turut
mempengaruhi hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring selama ini. Berdasarkan hasil
observasi maka pada penelitian ini peneliti memiliki asumsi bahwa terdapat pengaruh
aktivitas belajar dan regulasi diri terhadap hasil belajar siswa. Dengan menggunakan
penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian ex-post facto di mana melibatkan 70 siswa
sebagai sampel penelitian, peneliti mengumpulkan data dengan metode daring dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi
linier berganda dengan 3 variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya variabel
regulasi diri yang mempengaruhi hasil belajar siswa.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aruan, Juli. (2020). “Pengaruh Regulasi Diri dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar”, Psikoborneo, 8(1), 83-89.
- Dami, Z. A., & Parikaes, P. (2018). "Regulasi Diri dalam Belajar Sebagai Konsekuen". Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 82–95.
- Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
- Ghufron, M. N. (2014). "Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Ditinjau dari Regulasi Diri dalam Belajar". Jurnal Quality, 2(1), 136–149.
- Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/jjheduc.2013.06.002
- Hastuti, R., Rahman, U., & Muchlisah. (2019). "Pengaruh Regulasi Diri (Self Regulation) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi pada Peserta Didik Kelas XI MIA". Jurnal Al-Ahya, 1(2), 42–52.
- Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/jiheduc.2010.10.001.
- Putrie, Chientya Annisa Rahman (2021). “Pengaruh Regulasi Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran IPS”. Research and Development Journal Of Education, 7(1), 136-145.
- Santosa, P.B., & Ashari. (2005). Analisis Statistik dengan Microsoft Excel & SPSS. Yogyakarta: Andi.
- Susanto, H. P. (2016). Analisis Hubungan Kecemasan, Aktivitas, dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Beta. Volume 9 (2). 134- 147.
- Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.
- Wijaya, R. S. (2015). "Hubungan Kemandirian dengan Aktivitas Belajar Siswa". Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling, 1(3), 40–45.
- Wohon, S. C., Hatidja, D., & Nainggolan, N., (2017). Penentuan Model Regresi Terbaik dengan Menggunakan Metode Stepwise. Jurnal Ilmiah Sains, 17(2), 80-88.
References
Aruan, Juli. (2020). “Pengaruh Regulasi Diri dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar”, Psikoborneo, 8(1), 83-89.
Dami, Z. A., & Parikaes, P. (2018). "Regulasi Diri dalam Belajar Sebagai Konsekuen". Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 82–95.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghufron, M. N. (2014). "Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Ditinjau dari Regulasi Diri dalam Belajar". Jurnal Quality, 2(1), 136–149.
Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/jjheduc.2013.06.002
Hastuti, R., Rahman, U., & Muchlisah. (2019). "Pengaruh Regulasi Diri (Self Regulation) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi pada Peserta Didik Kelas XI MIA". Jurnal Al-Ahya, 1(2), 42–52.
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/jiheduc.2010.10.001.
Putrie, Chientya Annisa Rahman (2021). “Pengaruh Regulasi Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran IPS”. Research and Development Journal Of Education, 7(1), 136-145.
Santosa, P.B., & Ashari. (2005). Analisis Statistik dengan Microsoft Excel & SPSS. Yogyakarta: Andi.
Susanto, H. P. (2016). Analisis Hubungan Kecemasan, Aktivitas, dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Beta. Volume 9 (2). 134- 147.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.
Wijaya, R. S. (2015). "Hubungan Kemandirian dengan Aktivitas Belajar Siswa". Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling, 1(3), 40–45.
Wohon, S. C., Hatidja, D., & Nainggolan, N., (2017). Penentuan Model Regresi Terbaik dengan Menggunakan Metode Stepwise. Jurnal Ilmiah Sains, 17(2), 80-88.