Main Article Content

Abstract

Abstrak - Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan video animasi
pembelajaran matematika berbasis Powtoon, (2) mengetahui kelayakan video animasi
pembelajaran matematika berbasis Powtoon, (3) mengetahui respon siswa terhadap
video animasi pembelajaran matematika berbasis Powtoon, (4) mengetahui ketercapaian
nilai siswa dalam memenuhi KKM. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research And
Development). Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kebonagung
tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E dan VII F SMP
Negeri 1 Kebonagung. Instrumen pengumpulan data diperoleh dari instrumen tes dan
isntrumen angket. Teknik keabsahan data menggunakan uji validitas, konsistensi
internal, dan uji realibilitas. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa:
(1) video animasi pembelajaran matematika berbasis Powtoon dapat dilihat di Youtube
dengan mengakses link berikut ini https://youtu.be/c28MykWASmY dan
https://youtu.be/1XM7qdqo8gQ, (2) produk video animasi pembelajaran matematika
berbasis Powtoon memenuhi kriteria sangat layak digunakan dengan nilai dari ahli
media sebesar 89,45 %, dan ahli materi 91,43%, (3) respon siswa terhadap produk video
animasi pembelajaran matematika berbasis Powtoon juga memenuhi kriteria sangat baik.
Dari aspek tanggapan siswa diperoleh 88% atau dapat diartikan sangat baik dan reaksi
siswa sebesar 86 % atau dapat diartikan sangat baik, (4) siswa dengan nilai mencapai
KKM sebanyak 17 siswa, sedangkan siswa dengan nilai tidak mencapai KKM sebanyak
3 siswa.

Article Details

How to Cite
Nandariawati, N., & Hidayat, T. . (2022). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Matematika Berbasis Powtoon. JURNAL EDUMATIC, 3(01), 25–33. https://doi.org/10.21137/edumatic.v3i01.482