Main Article Content
Abstract
Abstrak: Artikel mengkaji pengaruh langsung efikasi diri terhdap kesulitan belajar
mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran daring di masa pandemic covid 19. Variabel bebas
dan terikatnya berturut-turut adalah efikasi diri dan tingkat kesulitan belajar mahasiswa.
Kedua variabel tersebut diukur menggunakan instrument dengan bentuk angket efikasi diri
dan kesulitan belajar mahasiswa dalam pembelajaran daring. Validitas instrument dilakukan
dengan memanfaatkan expert judgement, selanjutnya diujicobakan pada 25 mahsiswa dan
memberikan koefisien relliabilitas 0.85 untuk angket efikasi diri dan 0.8 untuk tingkat
kesulitan. Responden yang berpartisipasi sebanyak 40 mahasiswa pendidikan matematika dari
tingkat I sampai tingkat III. Analisis dilakukan dengan menggunakan dua metode yaitu
korelasi kausal dan komparasi yang berturut-turut dilakukan dengan analisis regresi dan
oneway anava. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa efikasi diri memiliki pengaruh yang
negative terhadap tingkat kesulitan mahasiswa, dimana besar pengaruhnya sebesar
33.5%.Selanjutnya, hasil Anava memberikan penjelasan bahwa mahsiswa dengan efikasi diri
kategori tinggi memiiki perbedaan rata-rata kesulitan belajar dengan kelompok rendah dan
sedang, dimana tingkat kesulitan kelompok tinggi lebih rendah dibandingkan dengna
kelompok rendah dan sedang. Sedangkan kelompok sedang memiliki rata-rata yang tidak
berbeda dengan kelompok renah, walaupun rata-rata kesulitan kelompok sedang lebih rendah
dari kelompok rendah. Kesimpulan dari kajian ini yaitu efikasi diri memiliki pengaruh secara
langsung terhadap tingkat kesulitan mahasiswa pendidikan matematika dalam mengikuti
pembelajaran secara daring dimasa pandemic.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Al-Ghurbani, A. M., Jazim, F., Abdulrab, M., Al-Mamary, Y. H. S., & Khan, I. (2021). The impact of internal factors on the use of technology in higher education in Saudi Arabia during the COVID-19 pandemic. Human Systems Management, 1–20. https://doi.org/10.3233/HSM-211219
- Alemany-Arrebola, I., Rojas-Ruiz, G., Granda-Vera, J., & Mingorance-Estrada, Á. C. (2020). Influence of COVID-19 on the Perception of Academic Self-Efficacy, State Anxiety, and Trait Anxiety in College Students. Frontiers in Psychology, 11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.570017
- Annur, M. F., & Hermansyah. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11.
- Aseta, P., & Siswanto. (2021). Gambaran Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Politeknik Insan Husada Surakarta. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 9(2).
- Bariah, S. H., & Imania, K. A. N. (2018). PENGEMBANGAN EVALUASI DAN PENUGASAN ONLINE BERBASIS E-LEARNING DENGAN MOODLE PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN ILMU KOMPUTER. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(3), 305. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i3.12458
- Candiasa, I. M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Remedial Berbantuan Tutor Sebaya terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa yang Mengalami Kesulitan Belajar dengan Kovariabel Tingkat Kecemasan. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 4(1), 207401. https://doi.org/10.23887/jpepi.v4i1.1222
- Choirunissa, L. (2016). PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH STATISTICS MAHASISWA TADRIS BAHASA INGGRIS FAKULTAS TARBIYAH IAIN WALISONGO. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1), 7. https://doi.org/10.21580/phen.2012.2.1.416
- Destriani, D. (2018). Minat Pembelajaran Menggunakan E-Learning Mata Kuliah Kinesiologi Pada Mahasiswa. JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani), 2(1), 63. https://doi.org/10.26874/jumanji.v2i1.22
- Dewi, E. U. (2020). Pengaruh Kecemasan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Keperawatan, 04(20), 18–23.
- Gopal, K., Salim, N. R., & Ayub, A. F. M. (2020). Study on Mathematics Self-Efficacy and Anxiety among Malaysian Upper Secondary Students using Fuzzy Conjoint Analysis. Malaysian Journal of Mathematical Sciences, 14, 63–79.
- Hadi, F. R., & Rulviana, V. (2018). Analisis Proses Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo pada Mata Kuliah Geometri. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 63. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2200
- Komang, N., & Yanti, W. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 pada Kesehatan Psikologis Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran. Health Care Media, 5(1), 39–46.
- Kostaki, D., & Karayianni, I. (2021). Houston, We Have a Pandemic: Technical Difficulties, Distractions and Online Student Engagement. Student Engagement in Higher Education Journal, X(X), 1–34.
- Noviyanti, D. W. (2021). Strategi Coping Stress Pada Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Medika Hutama, 3(1), 1679–1685.
- Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932
- Pujiastutik, H. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E- learning Berbasis Web pada Mata Kuliah Belajar Pembelajaran I Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Teladan, 4(1), 12.
- Sakız, H. (2021). Delayed educational services during Covid‐19 and their relationships with the mental health of individuals with disabilities. Journal of Community Psychology, jcop.22676. https://doi.org/10.1002/jcop.22676
- Sianturi, S. R. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Evaluasi E-Learning Pada Institusi Keperawatan Di Jakarta Dan Depok. JURNAL PENDIDIKAN KEPERAWATAN INDONESIA, 4(2). https://doi.org/10.17509/jpki.v4i2.11563
- Stoeber, J., Childs, J. H., Hayward, J. A., & Feast, A. R. (2011). Passion and motivation for studying: Predicting academic engagement and burnout in university students. Educational Psychology, 31(4). https://doi.org/10.1080/01443410.2011.570251
- Susanto, H. P. (2016). Analisis Hubungan Kecemasan, Aktivitas, dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Beta. Volume 9 (2). 134- 147.
- Susanto, H. P., & Sutarti, T. (2019b). Fuzzy modelling to predict students’ attitudes toward mathematics using mathematical anxiety and self-efficacy data. Journal of Physics: Conference Series, 1360(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1360/1/012018
- Susanto, H. P., Sutarti, T., Abadi, A. M., & Hafidah, A. S. (2020). The Fuzzy Multiple Correlation and Its Application to Determine the Correlation of Math Anxiety with Math Self-Efficacy and Attitude. Proceedings of the International Conference on Agriculture, Social Sciences, Education, Technology and Health (ICASSETH 2019). https://doi.org/10.2991/assehr.k.200402.036
- Sutarti, T., Susanto, H. P., Hafidah, A. S., Abdul, M., & Anwar, M. (2019). Evaluating Anxiety, Self-Efficacy and Positive Attitude Correlation Towards Mathematics Through Fuzzy Correlation Utilization. Journal of Engineering and Applied Sciences, 14(7), 2340–2344.
- Suwardi, F. M. (2021). Faktor-faktor Kesulitan Menulis Imla Mahasiswa PBA IAIN Kudus di Masa Pandemik. Arabia, 13(1), 47. https://doi.org/10.21043/arabia.v13i1.10173
- Turmuzi, M., Dasing, A. S. H., Baidowi, B., & Junaidi, J. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Secara Online (E-learning) Selama Masa Pandemi Covid-19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 900–910. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.482
- Wahyuningsih, D., & Sungkono, S. (2018). Peningkatkan interaktivitas pembelajaran melalui penggunaan komunikasi asynchronous di Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 227–237. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.19086
- Yulita, H. (2017). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIFITAS DAN MOTIVASI MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN E-LEARNING. Business Management Journal, 10(1). https://doi.org/10.30813/bmj.v10i1.641
References
Al-Ghurbani, A. M., Jazim, F., Abdulrab, M., Al-Mamary, Y. H. S., & Khan, I. (2021). The impact of internal factors on the use of technology in higher education in Saudi Arabia during the COVID-19 pandemic. Human Systems Management, 1–20. https://doi.org/10.3233/HSM-211219
Alemany-Arrebola, I., Rojas-Ruiz, G., Granda-Vera, J., & Mingorance-Estrada, Á. C. (2020). Influence of COVID-19 on the Perception of Academic Self-Efficacy, State Anxiety, and Trait Anxiety in College Students. Frontiers in Psychology, 11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.570017
Annur, M. F., & Hermansyah. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11.
Aseta, P., & Siswanto. (2021). Gambaran Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Politeknik Insan Husada Surakarta. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 9(2).
Bariah, S. H., & Imania, K. A. N. (2018). PENGEMBANGAN EVALUASI DAN PENUGASAN ONLINE BERBASIS E-LEARNING DENGAN MOODLE PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN ILMU KOMPUTER. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(3), 305. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i3.12458
Candiasa, I. M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Remedial Berbantuan Tutor Sebaya terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa yang Mengalami Kesulitan Belajar dengan Kovariabel Tingkat Kecemasan. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 4(1), 207401. https://doi.org/10.23887/jpepi.v4i1.1222
Choirunissa, L. (2016). PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH STATISTICS MAHASISWA TADRIS BAHASA INGGRIS FAKULTAS TARBIYAH IAIN WALISONGO. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1), 7. https://doi.org/10.21580/phen.2012.2.1.416
Destriani, D. (2018). Minat Pembelajaran Menggunakan E-Learning Mata Kuliah Kinesiologi Pada Mahasiswa. JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani), 2(1), 63. https://doi.org/10.26874/jumanji.v2i1.22
Dewi, E. U. (2020). Pengaruh Kecemasan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Keperawatan, 04(20), 18–23.
Gopal, K., Salim, N. R., & Ayub, A. F. M. (2020). Study on Mathematics Self-Efficacy and Anxiety among Malaysian Upper Secondary Students using Fuzzy Conjoint Analysis. Malaysian Journal of Mathematical Sciences, 14, 63–79.
Hadi, F. R., & Rulviana, V. (2018). Analisis Proses Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo pada Mata Kuliah Geometri. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 63. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2200
Komang, N., & Yanti, W. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 pada Kesehatan Psikologis Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran. Health Care Media, 5(1), 39–46.
Kostaki, D., & Karayianni, I. (2021). Houston, We Have a Pandemic: Technical Difficulties, Distractions and Online Student Engagement. Student Engagement in Higher Education Journal, X(X), 1–34.
Noviyanti, D. W. (2021). Strategi Coping Stress Pada Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Medika Hutama, 3(1), 1679–1685.
Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932
Pujiastutik, H. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E- learning Berbasis Web pada Mata Kuliah Belajar Pembelajaran I Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Teladan, 4(1), 12.
Sakız, H. (2021). Delayed educational services during Covid‐19 and their relationships with the mental health of individuals with disabilities. Journal of Community Psychology, jcop.22676. https://doi.org/10.1002/jcop.22676
Sianturi, S. R. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Evaluasi E-Learning Pada Institusi Keperawatan Di Jakarta Dan Depok. JURNAL PENDIDIKAN KEPERAWATAN INDONESIA, 4(2). https://doi.org/10.17509/jpki.v4i2.11563
Stoeber, J., Childs, J. H., Hayward, J. A., & Feast, A. R. (2011). Passion and motivation for studying: Predicting academic engagement and burnout in university students. Educational Psychology, 31(4). https://doi.org/10.1080/01443410.2011.570251
Susanto, H. P. (2016). Analisis Hubungan Kecemasan, Aktivitas, dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Beta. Volume 9 (2). 134- 147.
Susanto, H. P., & Sutarti, T. (2019b). Fuzzy modelling to predict students’ attitudes toward mathematics using mathematical anxiety and self-efficacy data. Journal of Physics: Conference Series, 1360(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1360/1/012018
Susanto, H. P., Sutarti, T., Abadi, A. M., & Hafidah, A. S. (2020). The Fuzzy Multiple Correlation and Its Application to Determine the Correlation of Math Anxiety with Math Self-Efficacy and Attitude. Proceedings of the International Conference on Agriculture, Social Sciences, Education, Technology and Health (ICASSETH 2019). https://doi.org/10.2991/assehr.k.200402.036
Sutarti, T., Susanto, H. P., Hafidah, A. S., Abdul, M., & Anwar, M. (2019). Evaluating Anxiety, Self-Efficacy and Positive Attitude Correlation Towards Mathematics Through Fuzzy Correlation Utilization. Journal of Engineering and Applied Sciences, 14(7), 2340–2344.
Suwardi, F. M. (2021). Faktor-faktor Kesulitan Menulis Imla Mahasiswa PBA IAIN Kudus di Masa Pandemik. Arabia, 13(1), 47. https://doi.org/10.21043/arabia.v13i1.10173
Turmuzi, M., Dasing, A. S. H., Baidowi, B., & Junaidi, J. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Secara Online (E-learning) Selama Masa Pandemi Covid-19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 900–910. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.482
Wahyuningsih, D., & Sungkono, S. (2018). Peningkatkan interaktivitas pembelajaran melalui penggunaan komunikasi asynchronous di Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 227–237. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.19086
Yulita, H. (2017). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIFITAS DAN MOTIVASI MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN E-LEARNING. Business Management Journal, 10(1). https://doi.org/10.30813/bmj.v10i1.641