Main Article Content
Abstract
Abstrak— Kekeliruan memahami konsep dasar pada mata kuliah aljabar linier memberikan
dampak berkelanjutan pada penguasaan topik-topik bahasan aljabar linier selanjutnya.
Penelitian ini berupaya untuk memberikan keleluasaan kepada mahasiswa untuk
mengungkapkan langkah-langkah apa saja yang dapat dilakukan untuk memperbaiki
kesalahan konsep dasar aljabar linier terutama disaat pembelajaran tanpa tatap muka langsung
selama pandemi melanda negeri ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif
yakni akan memaparkan kegiatan merdeka belajar dalam upaya memperbaiki kesalahan
konsep dasar aljabar linier. Sumber data diambil dari mahasiswa yang menempuh mata kuliah
aljabar linier program studi pendidikan informatika STKIP PGRI Pacitan semester gasal
2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menemukan kesulitan operasi
perkalian matrik pada bahasan aljabar dengan dorongan melakukan literasi mandiri melalui
aktivitas membaca dan menganalisa serta melakukan konstruksi komunikasi dapat
memperbaiki kesalahan-kesalahan konsep dasar aljabar linier dalam kerangka merdeka
belajar selama pembelajaran daring. Merdeka dalam konteks mengumpulkan informasi dari
sumber-sumber belajar yang ada di sekitar mereka merupakan langkah awal dalam
mengenalkan merdeka belajar bagi mahasiswa.