Main Article Content
Abstract
Abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh tipe kepribadian (extrovert
dan introvert) terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) Pengaruh kecerdasan emosional
terhadap hasil belajar matematika siswa; 3) Pada masing-masing tipe kepribadian (extrovert
dan introvert), manakah kategori kecerdasan emosional yang memberikan hasil belajar lebih
baik, kecerdasan emosional tinggi, sedang atau rendah; 4) pada masing-masing kecerdasan
emosional (tinggi, sedang dan rendah), manakah tipe kepribadian yang memberikan hasil
lebih baik, tipe kepribadian extrovert atau tipe kepribadian introvert. Penelitian ini merupakan
penelitian kausal komparatif (ex-post facto) menggunakan desain penelitian 2 x 3 faktorial.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri Bandar kelas X TKJ, TKR, APHP A
dan APHP B berjumlah 86 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes dan angket.
Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA dua jalan dengan sel tak sama dan
prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis
menggunakan bantuan Program SPSS versi 16.0. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa: 1)
Tipe kepribadian (extrovert dan introvert) berpengaruh sama terhadap hasil belajar
matematika siswa; 2) Kecerdasan emosional tinggi memberikan hasil belajar matematika
yang sama dengan kecerdasan emosional sedang, sedangkan kecerdasan emosional sedang
lebih baik daripada kecerdasan emosional rendah dan kecerdasan emosional rendah tidak
lebih baik dibandingkan dengan kecerdasan emosional tinggi dan sedang; 3) Pada masingmasing tipe kepribadian (extrovert dan introvert), kecerdasan emosional (tinggi, sedang,
rendah) memberikan hasil belajar matematika yang sama; 4) Pada kecerdasan emosional
(tinggi, sedang, rendah), tipe kepribadian (extrovert dan introvert) memberikan hasil belajar
matematika yang sama.