Main Article Content

Abstract

Abstrak— tujuan penelitian ini adalah unutk menghasilkan produk instrumen angket yang
valid dan reliabel untuk mengukur tingkat resiliensi matematis siswa dan mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi tingkat resiliensi matematis siswa berdasarkan angket yang
dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D).
langkah-langkah penelitian pengembangan menggunakan langkah-langkah Sugiyono, yaitu 1)
Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi
Desain, 6) Uji Coba Produk Pertama, 7) Revisi Produk 8) Uji Coba Produk Kedua, 9) Revisi
Produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Produk instrumen angket untuk
mengukur tingkat resiliensi matematis siswa yang dikembangkan telah memenuhi kriteria
valid, 2) Produk instrumen angket untuk mengukur tingkat resiliensi matematis siswa yang
dikembangken telah memenuhi kriteria reliabel, dengan reliabilitas 0,915, 3) Faktor yang
mempengaruhi tingkat resiliensi matematis siswa pada uji coba pertama terdiri dari 6 variabel
yang dikelompokkan menjadi 2 faktor yaitu faktor 1 dengan nilai eigen 3,453% dan faktor 2
dengan nilai eigen 1,192%. Pada uji coba kedua terdiri dari 7 variabel yang dikelompokkan
menjadi 2 faktor yaitu faktor 1 dengan nilai eigen sebesar 3,416% dan faktor 2 dengan nilai
eigen 1,114%.

Article Details

How to Cite
Safitri, W. D. ., Susanto, H. P. ., & Mulyadi, . M. (2021). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Resiliensi Matematis Siswa. JURNAL EDUMATIC, 2(01), 31–43. https://doi.org/10.21137/edumatic.v2i01.469