Main Article Content
Abstract
Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang apa-apa saja kesalahan siswa
dalam menyelesaikan soal matriks serta faktor-faktor apa saja yang menyebabkan siswa salah
dalam menyelesaikan soal matriks. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian
kualitatif dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Subjek
penelitiannya adalah kelas X Pemasaran Alfamart SMK N 2 Pacitan sejumlah 4 siswa.
Petimbangan pengambilan subjek berdasarkan hasil analisis kesalahan berdasarkan prosedur
Newman. Metode Pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitiannya adalah 1) jenis kesalahan sesuai dengan metode newman adalah kesalahan
membaca, kesalahan pemahaman, kesalahan transformasi, kesalahan proses, dan kesalahan
menarik kesimpulan. 2) sedangkan faktor penyebab kesalahan siswa adalah, kesalahan siswa
dalam membaca soal, siswa salah dalam menuliskan diketahui dalam soal, siswa salah dalam
memilih rumus, kurang telitinya siswa dalam melakukan operasi aljabar, sehingga
menyebabkan kesalahan dalam menentukan jawaban akhir.