Main Article Content
Abstract
Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode pembelajaran
Team Accelerated Intruction (TAI) terhadap hasil belajar, (2) perbedaan hasil belajar siswa
ditinjau dari perbedaan tingkat motivasi belajar siswa, (3) interaksi antara metode
pembelajaran kooperatif Team Accelerated Intruction (TAI) dengan motivasi belajar antar
terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Inti di Kecamatan Tulakan tahun pelajaran
2017/2018. Sampel dipilih dengan simple ramdom sampling. Dua kelas sampel yaitu 25 siswa
di kelompok eksperimen dan 24 siswa di kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan dokumentasi, angket, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji
anava. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) metode pembelajaran Team
Accelerated Intruction (TAI) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, (2) terdapat
perbedaan hasil belajar Matematika siswa berdasarkan tingkat motivasi belajar, (3) tidak
terdapat interaksi antara metode pembelajaran Team Accelerated Intruction (TAI) dengan
motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar.