Main Article Content

Abstract

Abstrak— Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi positif antara minat
belajar terhadap komunikasi matematika siswa SMP Negeri 1 Donorojo tahun pelajaran
2017/2018. Sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan
metode diskriptif korelasional. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Donorojo
2017/2018, sebanyak 225 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 50% dari keseluruhan
populasi yaitu sebanyak 112 siswa yang terbagi atas 4 kelas, teknik sampling yang digunakan
adalah simple random sampling. teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan
angket sebagai teknik pokok. Teknik analisis data yang dipakai menggunakan analisis statistik
dengan teknik regresi sederhana dengan bantuan komputer seri program statistik (excel).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara
minat belajar dengan komunikasi matematika SMP Negeri 1 Donorojo dapat dilihat dari hasil
analisis data yang menunjukkant_obs>t_tab atau 2,302374>1,98177.

Article Details

How to Cite
Astuti, M. ., & Apriyani, D. C. N. . (2022). Hubungan Minat Belajar Siswa Terhadap Komunikasi Matematika Siswa Kelas Viii Smp. JURNAL EDUMATIC, 1(01), 35–40. https://doi.org/10.21137/edumatic.v1i01.453