Main Article Content

Abstract

Abstrak— Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan
kemampuan pemecahan masalah matematika dengan langkah Polya antara siswa yang
mendapat model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang
mendapat model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division
(STAD). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi
eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Miftahul Ulum Surabaya
yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 43 siswa dan pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah dengan menggunakan tes
esai yaitu soal cerita yang ada dalam kehidupan nyata siswa. Teknik analisis data yang
digunakan pada penelitian antara lain: (i) Menghitung nilai rata-rata, (ii) Uji normalitas
data, (iii) Uji homogenitas data, (iv) Uji hipotesis yaitu uji t. Dari hasil penelitian ini
dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika
dengan langkah Polya antara siswa yang mendapat model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) dengan siswa yang mendapat model pembelajaran kooperatif
tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa SMP Miftahul Ulum
Surabaya

Article Details

How to Cite
Fitania, F., Widayat, . E. ., & Sumartono, S. (2022). Perbedaan Model Problem Based Learning Dan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Langkah Polya. Jurnal Edumatic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(02), 1–8. https://doi.org/10.21137/edumatic.v3i02.448