Main Article Content

Abstract

Hasil belajar maupun capaian akademik siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya faktor psikologis seperti disposisi matematis dan habits of mind. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh disposisi matematis dan habits of mind terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian jenis ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN Kebonagung semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan penentuan jumlah minimal sampel dengan rumus Slovin diperoleh 72 responden. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket disposisi matematis, angket stres akademik, dan tes hasil belajar matematika berupa soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan hasil yang menyatakan bahwa disposisi matematis dan stres akademik berpengaruh  terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri Kebonagung.

Keywords

Disposisi Matematis, Habits Of Mind, Hasil belajar.

Article Details

How to Cite
Defi, L. . K., Meifiani, N. I. ., & Dwi Cahyani Nur Apriyani. (2024). Pengaruh Disposisi Matematis Dan Habits Of Mind Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri Kebonagung. JURNAL EDUMATIC, 3(02), 32–38. https://doi.org/10.21137/edumatic.v3i02.1126

References

  1. Costa, A. L., & Kallick, B. (2012). Belajar dan Memimpin dengan Kebiasaan Berpikir. Jakarta: Indeks.
  2. Dwirahayu, G., Kustiawati, D., & Bidari, I. (2018). Pengaruh Habits of Mind
  3. Terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis. 11(2).
  4. Susanto, H. P. (2016). Analisis Hubungan Kecemasan, Aktivitas, dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 134. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i2.10
  5. Mahmudi, A., & Sumarmo, U. (2011). Pengaruh Strategi Mathematical Habits Of Mind (Mhm) Berbasis Masalah Terhadap Kreativitas Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (2).
  6. Muhtadi, D., & Rochmad, R. (2021). Bahasa Matematis dalam Penentuan Waktu Siang - Malam menurut Tradisi Sunda. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 263–274. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1221
  7. Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan
  8. Masalah Matematis Siswa Smp Kelas Ix Pada Materi Bangun Datar. Sjme (Supremum Journal Of Mathematics Education), 2(2), 77-83. Of Mathematics Education), 2(2), 77-83.
  9. Nurfadilah, P., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Gesture Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(1), 14–29. https://doi.org/10.37058/jarme.v4i1.4246
  10. Supriyanto, B. (2014). Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran, 3(2), 165–174.
  11. Silviana, D., & Mardiani, D. (2021). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Mood-Understand-Recall-Digest-Expand-Review dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 291–302. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1262
  12. Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2193
  13. Susanto, H. P. (2016). Analisis Hubungan Kecemasan, Aktivitas, dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 134. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i2.10