Main Article Content

Abstract

Penelitian ini berupaya memberikan gambaran pembelajaran aljabar linier dengan implementasi metode TOPSIS pada sistem pendukung keputusan untuk memperkuat kemampuan aljabar linier mahasiswa program studi pendidikan informatika dengan tema-tema yang didekatkan dengan penguatan keterampilan mahasiswa, namun pada kenyataannya mahasiswa masih mengalami kesulitan karena melihat rumus yang disajikan dalam perkuliahan menjadi alasan untuk mereka tidak percaya diri mampu mempelajarinya. Metode kualitatif dengan uraian deskriptif digunakan untuk memperoleh gambaran yang mendalam bagaimana implementasi TOPSIS pada permasalahan studi kasus sistem pendukung keputusan membantu capaian pembelajaran aljabar linier. Hasil penelitian membawa peneliti kepada kesimpulan, memberikan pemahaman capaian pembelajaran aljabar linier dengan menggabungkannya pada permasalahan membangun aplikasi atau sistem informasi memberikan pemahaman yang baik bagi mahasiswa pendidikan informatika.

Keywords

Aljabar Linier TOPSIS Sistem Pendukung Keputusan Percaya Diri Aljabar Linier TOPSIS Sistem Pendukung Keputusan Percaya Diri

Article Details

How to Cite
Qudsiyah, K., & Prastyo, T. D. (2024). Pembelajaran aljabar linier mahasiswa pendidikan informatika mengenalkan algoritma TOPSIS studi kasus sistem pendukung keputusan. EDUMATIC, 5(1), 21–31. https://doi.org/10.21137/edumatic.v5i1.1078

References

  1. Andriani, N., Sutarto, S., & Ayu Febrilia, B. R. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Keliling Dan Luas Lingkaran Smpn 3 Narmada Ditinjau Dari Peta Kognitif. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 2(1), 20–32. https://doi.org/10.47165/jpin.v2i1.64
  2. Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033
  3. Hakim, M. A. N., & Hendriana, B. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pembelajaran Daring. JPMI (Jurnal Pembelajaran …, 5(4), 1041–1048. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.1041-1048
  4. Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Didaktik Matematika, 1(2), 30–42.
  5. Inganah, S., Nabila, A. I., & Putri, O. R. U. (2021). Kesalahan Konstruksi Konsep Matematis Dalam Proses Representasi Visual Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1776. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3993
  6. Khaesarani, I. R., & Khairani Hasibuan, E. (2021). Studi Kepustakaan Tentang Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(3), 42. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/38716
  7. Mayasari, D., & Habeahan, N. L. S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 252. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3265
  8. Neno, W. A., Daniel, F., & Taneo, P. N. L. (2020). Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Pembelajaran dengan Pendekatan CTL. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 4(1), 12. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v4i1.12356
  9. Prasasti, D., Awalina, F. M., & Hasana, U. U. (2020). Permasalahan Pemahaman Konsep Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas 3 Semester 1. Manazhim, 2(1), 45–53. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.659
  10. Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
  11. Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear dengan prosedur Newman. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185. http://jurnal.uns.ac.id/jpm
  12. Rohman, Syaifudin, N. A. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Di SMA Negeri 14 Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 5(2), 165–173. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/jp2m.v5i2.4333
  13. Siagian, M. D. (2017). Pembelajaran Matematika Dalam Persfektif Konstruktivisme. NIZHAMIYAH: Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, VII(2), 61–73.
  14. Simbolon, F. J., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2020). Pengaruh Pendekatan Resource Based Leaarning (RBL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(2), 77–88. https://doi.org/10.23960/mtk/v8i2.pp76-88
  15. Sugiyanti. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Membuat Skets Grafik Fungsi Aljabar Sederhana Pada Sistem Koordinat Kartesius Melalui. Edunomika, 02(01), 175–186. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/195
  16. Yuliani, E. N., Zulfah, Z., & Zulhendri, Z. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Kuok. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91–100. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.51