MENGHILANGKAN KEPENATAN SISWA DI MASA PANDEMIC COVID 19 DENGAN MENGENALKAN MATEMATIKA PRAKTIS PADA SISWA MADIN IRSYADUSSIBYAN

  • Hari Purnomo Susanto STKIP PGRI Pacitan
  • Mega Isvandiana Purnamasari STKIP PGRI Pacitan

Abstract

Pandemic covid-19 menjadi sock teraphi bagi dunia pendidikan, terlebih lagi ketika pembelajaran disekolah harus dilakukan secara daring. Banyak sekali kendala yang muncul pada pembelajaran. Tujuan dari kegiatan ini yaitu mengisi kegiatan siswa-siswa disela-sela belajar secara daring dan menghilangkan atau mengurangi tingkat kepenatan siswa selama belajar di rumah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu pelatihan sederhana dengan materi tentang penerapan matematika, dimana materi tersebut tidak pernah diberikan disekolah atau bukan materi wajib disekolah. Peserta yang mengikuti kegiatan ini yaitu siswa kelas 5 dan kelas 6 SDN Gunungsari yang belajar  di Madin Irsyadussibyan. Hasil dari kegiatan ini yaitu 1) siswa sangat antusias dan merasa dalam mengikuti kegiata. 2) siswa dapat dengan mudah menguasi setiap materi yang berikan dalam kegiatan ini.

Author Biography

Hari Purnomo Susanto, STKIP PGRI Pacitan

Pendidikan Matematika

References

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Warmi, A., Adirakasiwi, A.G., & santoso G. (2020). Motivasi Dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Siswa Kelas Vii Smpn 3 Karawang Tahun Pelajaran 2019-2020). Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. 8(3). Pp 197.
Lestari, Witri. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76. https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1499
Amalina. 2020. Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(1), pp. 538-548.
Basuki, K. H. (2015). Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar terhadap
Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 120–133. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.332
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. 2020. Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi
Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS). 1(1).
Lestari, Wahyu, Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2332
Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 73–84. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754
Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas. Jurnal Sosial Humaniora, 1(2), 382–389.
Fajriah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa SMP Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal on Education, 1(2), 288–296. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3ii.646
Kurniawan, D., & Wustqa, D. U. (2014). Pengaruh Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 176. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2674
Gunawan, dedy .2015.Guru Matematika Belum Aplikatif. https://www.kompasiana.com/dedygunawanhutajulu/55e44f318d7a61a2048b4567/guru-matematika-belum-aplikatif
Published
2020-10-08
How to Cite
SUSANTO, Hari Purnomo; PURNAMASARI, Mega Isvandiana. MENGHILANGKAN KEPENATAN SISWA DI MASA PANDEMIC COVID 19 DENGAN MENGENALKAN MATEMATIKA PRAKTIS PADA SISWA MADIN IRSYADUSSIBYAN. Journal of Social Empowerment, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 609-616, oct. 2020. ISSN 2503-5371. Available at: <https://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jse/article/view/356>. Date accessed: 26 july 2021.