NOVEL AURORA DI LANGIT ALENGKA KARYA AGUS ANDOKO DALAM PERSPEKTIF DEKONSTRUKSI

  • Arliza Nur Alita Ningrum
  • Bakti Sutopo STKIP PGRI Pacitan
  • Riza Dwi Tyas Widoyoko STKIP PGRI Pacitan

Abstract

Kisah pada karya sastra terkemuka yang  muncul lebih awal  mampu mengilhami pengarang berikutnya. Salah satunya dapat dicermati pada novel Aurora di Langit Alengka karya Agus Handoko.  Kajian ini bertujuan memahami dekonstruksi dalam novel Aurora di Langit Alengka karya Agus Andok. Pokok masalah dalam penelitian ini  bentuk-bentuk dekonstruksi dan pemikiran oposisi biner. Penelitian termasuk penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif  kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah kata-kata, kalimat-kalimat, dan dialog-dialog yang terdapat dalam kutipan teks novel Aurora di Langit Alengka karya Agus Andoko. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Aurora di Langit Alengka karya Agus Andoko. Teknik pengumpulan data adalah teknik baca, teknik catat, dan studi pustaka. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Analisis data menggunakan pendekatan analisis objektif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Bentuk-bentuk dekonstruksi dalam novel Aurora di Langit Alengka meliputi; a) dekonstruksi penculikan Sinta, b) dekonstruksi kematian Subali, c) dekonstruksi kisah Subali dan Sugriwa, d) dekonstruksi kisah Jatayu, e) dekonstruksi kisah Jatayu dan Sampati, f) dekonstruksi kisah Anggada, g) dekonstruksi penyebab  perang,  dan h) dekonstruksi akhir kisah Rama dan Sinta. 2) Pemikiran oposisi biner dalam novel Aurora di Langit Alengka meliputi: a) pemikiran oposisi biner tokoh Rama (oposisi biner altruis dan egois), b) pemikiran oposisi biner tokoh Rahwana (oposisi biner pemberani dan penakut), dan c) pemikiran oposisi biner tokoh Wibisana (oposisi biner pengkhianat dan nasionalis).

References

Andoko, Agus. 2013. Aurora di Langit Alengka. Yogyakarta: DIVA Press.
Kosasih, E. 2008. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Nobel Edumedia.
Moleong, J. Lexy. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Norris, Christopher. 2006. Membongkar Teori Dekonstruksi Jacques Derrida. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nurgiyantoro, Burhan. 2018. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. http://books.google.com/books. Diakses pada tanggal 20 Januari 2020.
Ratna, Nyoman Kutha. 2009. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ruisah. 2018. “Hegemoni Oposisi Biner dalam Konten Forum Diskusi E-Learning”. Dalam Buletin Al-Turas. Volume XXIV No. 2 (Juli). Jakarta.
Saragih, Rizki Amsari. 2018. “Analisis Psikologis Cerpen “Radio Masyarakat” Karya Rosihan Anwar”. Dalam JUMAWA. Volume 1 No.1 (Januari). Malang.
Setyawati, Iis. 2020. “Dekonstruksi Tokoh Dalam Novel Sitayana Karya Cok Sawitri (Kajian Dekonstruksi Jacques Derrida)”. Surabaya: UNES.
Published
2021-01-10
How to Cite
NINGRUM, Arliza Nur Alita; SUTOPO, Bakti; WIDOYOKO, Riza Dwi Tyas. NOVEL AURORA DI LANGIT ALENGKA KARYA AGUS ANDOKO DALAM PERSPEKTIF DEKONSTRUKSI. Prakerta (Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajaran Bahasa Indonesia), [S.l.], v. 3, n. 02, p. 540 - 550, jan. 2021. ISSN 2615-3106. Available at: <http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/prakerta/article/view/354>. Date accessed: 13 apr. 2021.
PROMO WIN BONUS bagi member Bandar Judi Bola hanya di bolaonline303