ANALISIS BENTUK, FUNGSI DAN MAKNA BAHASA SLANG MAHASISWA DI KAWASAN KAMPUS UNIVERSITAS DR. SOETOMO

  • Mochamad Rizki Oktavian Universitas DR. Soetomo Surabaya
  • Wahyu Widayati Universitas DR. Soetomo Surabaya
  • Victor Maruli Tua L Tobing Universitas DR. Soetomo Surabaya

Abstract

Bahasa slang sangatlah menarik untuk penelitian ini, terlebih penggunaan bahasa slang di kalangan mahasiswa sangatlah populer, semakin berkembangnya jaman bahasa slang semakin banyak dan beragam. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis bentuk, fungsi dan makna bahasa slang khususnya di kawasan Kampus Universitas Dr. Soetomo Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif,  denga nmenggunakan pendekatan Regulatif dengan data berupa ujaran dari percakapan masing-masing masyarakat kemudian dilakukan penyadapan dan pencatatan data dengan cara transkip kedalam bentuk tulisan yang berupa kata. Data ini diperoleh dari sumber informan mahasiswa di kawasan Kampus Universitas Dr. Soetomo Surabaya. Alat bantu dari penelitian ini yaitu perekam suara (handphone). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dan selanjutnya menggunakan metode simak bebas libat cakap, metode catat, metode rekam, metode transkripsi data, dan terjemahan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode cakap, selanjutnya mempunyai teknik dasar sebagai teknik pilih unsur penentu (PUP), dan selanjutnya menggunakan metode berupa hubung banding membedakan (HBB). Peneliti juga menggunakan metode keabsahan data, yaitu (a) memperpanjang keikutsertaan pengamatan; (b) ketekunanan pengamatan; (c) triangulasi. Hasil penelitian ini memperoleh data masasiswa area kampus dengan 95 kata, 43 kata gender laki-laki dan 52 kata dari gander perempuan. Hasil data yang lebih banyak diperoleh adalah kata dasar yang sering dipakai dikeseharian, terutama kaum wanita yang hampir sering menggunakan kata-kata slang, dalam hal ini semua data memiliki kata yang berbeda, namun untuk data yang ditemukan ini mayoritas/kebanyakan informan mengucapkan kata yang sama, hanya beberapa informan yang menyebutkan kata-kata terbaru yang belum pernah diketahui.

References

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Mutiarani, Ayu. 2014. Jurnal penggunaan bahasa gaul pada mahasiswa Nur Hasanah : 4

Chaer, Abdul 2010.Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina.2010.Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta

Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. 2010. Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Emka, Moammar. 2007. Kamus Gaul Here Genre!!!. Jakarta: Gagas Media.

Fauziyah, Ayu., Mulyaningsih, Indira. 2016. Perubahan Bunyi pada Tuturan Resmi yang Digunakan Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Jurnal Indonesian Language Education dan Literature, (Online), 2 (1): 50-59, (http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/). Diakses 20 Juni 2020.

Fitriani, Yetri., Rahayu, Ngudining., & Wulandari, Catur. 2017. Bahasa Pedagang Ikan di Pasar Panorama Bengkulu (Kajian Sosiolinguistik), Jurnal Korpus, (Online), 1 (1): 118-131, (https://ejournal.unib.ac.id). Diakses 20 Juni 2020.

Halliday, M.A.K. 1972. Dalam Tarigan (2003:6-7). Explanations in the Functions of Language. England : Edward Arnold

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka
Utama.
Ulya, Lathifatul. 2017. Jurnal bentuk dan fungsi ragam bahasa gaul remaja kota Metropolitan.

Mansur, Muslich. 2014. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexy. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryaman, Maman dkk. 2013. Modul BIPA Tata Bahasa. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Published
2021-01-10
How to Cite
OKTAVIAN, Mochamad Rizki; WIDAYATI, Wahyu; TOBING, Victor Maruli Tua L. ANALISIS BENTUK, FUNGSI DAN MAKNA BAHASA SLANG MAHASISWA DI KAWASAN KAMPUS UNIVERSITAS DR. SOETOMO. Prakerta (Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajaran Bahasa Indonesia), [S.l.], v. 3, n. 02, p. 510 - 529, jan. 2021. ISSN 2615-3106. Available at: <http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/prakerta/article/view/319>. Date accessed: 13 apr. 2021.
PROMO WIN BONUS bagi member Bandar Judi Bola hanya di bolaonline303