PEMAKAIAN DIALEK BAHASA JAWA MASYARAKAT PESISIR DAN PEGUNUNGAN DI DAERAH PACITAN

  • Rindi Antikka Universitas DR. Soetomo Surabaya
  • Sri Utami Universitas DR. Soetomo Surabaya
  • Nuril Huda Universitas DR. Soetomo Surabaya

Abstract

Dialek yang terdapat di Pacitan beraneka ragam atau banyak terdapat variasi bahasa. Faktor yang mempengaruhi hal tersebut yaitu karena berada di daerah pesisir dan daerah pegunungan yang mempunyai pemakaian dialek bahasa Jawa yang berbeda sehingga bisa melakukan pencarian data dari kedua wilayah tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan perbedaan pemakaian dialek bahasa Jawa masyarakat pesisir dan pegunungan di daerah Pacitan.


Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif dengan data berupa ujaran dari percakapan masing-masing masyarakat kemudian dilakukan pencatatan data dengan cara transkip ke dalam bentuk tulisan yang berupa kata. Data ini diperoleh dari dari sumber informan penduduk asli daerah Pacitan yang sesuai dengan sumber data. Alat bantu dari penelitian ini yaitu perekam suara (handphone).


Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dan selanjutnya menggunakan metode simak bebas libat cakap, metode catat, metode rekam, metode transkripsi data, dan terjemahan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode padan, selanjutnya mempunyai teknik dasar sebagai teknik pilih unsur penentu (PUP), dan selanjutnya  menggunakan metode berupa hubung banding membedakan (HBB). Peneliti juga menggunakan metode keabsahan data, yaitu (a) memperpanjang keikutsertaan pengamatan; (b) ketekunanan pengamatan; (c) triangulasi. Hasil penelitian ini memperoleh data dari masyarakat pesisir sejumlah 47 data dan masyarakat pegunungan 47 data. Hasil data yang lebih banyak diperoleh adalah data yang berupa perbedaan kata akan tetapi mempunyai makna yang sama, dalam hal ini semua data memiliki kata yang berbeda, namun untuk data yang fonemnya berbeda hanya ditemukan 7 data dalam penelitian ini. Untuk perbedaan fonem ini hanya berbeda 1 fonem saja, baik dari segi fonem vokal maupun konsonan.

References

Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta
Kridalaksana, Harimurti. 1983. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Moleong, Lexy.J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudaryanto.1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistik.Yogyakarta: Muhammadiyah University Press.
Sukmadinata Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung; Remaja Rosda Karya.
Published
2021-01-10
How to Cite
ANTIKKA, Rindi; UTAMI, Sri; HUDA, Nuril. PEMAKAIAN DIALEK BAHASA JAWA MASYARAKAT PESISIR DAN PEGUNUNGAN DI DAERAH PACITAN. Prakerta (Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajaran Bahasa Indonesia), [S.l.], v. 3, n. 02, p. 504 - 509, jan. 2021. ISSN 2615-3106. Available at: <http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/prakerta/article/view/318>. Date accessed: 13 apr. 2021.
PROMO WIN BONUS bagi member Bandar Judi Bola hanya di bolaonline303