ANALISIS SEMIOTIK DAN MISTIK PADA SERAT SASMITARASA DI MUSEUM KIRTI GRIYA DEWANTARA TAMANSISWA YOGYAKARTA

  • Lutfi Novita Sari Universitas DR. Soetomo Surabaya
  • Kusmiyati Kusmiyati Universitas DR. Soetomo Surabaya
  • Boedi Martono Universitas DR. Soetomo Surabaya

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dalam menganalisis kajian semiotik dan mistik pada serat. Serat yakni salah satu ragam naskah Jawa yang diimplikasikan dalam banyak kehidupan khalayak umum karena memiliki banyak makna yang sangat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan naskah, mentransliterasi teks, menyunting teks, menerjemahkan teks Serat Sasmitarasa. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan macam-macam teori semiotik dan mistik yang terdapat dalam naskah Serat Sasmitarasa.


Objek penelitian ini adalah Serat Sasmitarasa. Pengumpulan data dilakukan dengan inventarisasi naskah, deskripsi naskah, transliterasi teks dengan metode transliterasi, suntingan teks edisi standar, terjemahan teks dengan metode harfiah, isi, dan terjemahan bebas, dan pemaknaan dengan pembacan heuristik dan hermeneutik. Instrumen penelitian menggunakan alat bantu kartu data, dan data wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni teknik analisis deskriptif.


Dalam hasil penelitian ini terdiri dari lima macam, yakni pertama, deskripsi naskah Serat Sasmitarasa masih baik dan terbaca jelas. Kedua, dalam proses transliterasi dilakukan dengan pembetulan-pembetulan naskah yang dinilai kurang baik atau kurang tepat dalam pengejaan bahasa Jawa yang berlaku. Ketiga, dalam penyuntingan dilakukan dengan perubahan bacaan, yakni penambahan, pengurangan, dan penggantian huruf maupun bacaan yang kurang sesuai dengan kalimat dan tidak memiliki makna yang jelas. Keempat, terjemahan disesuaikan dengan kalimat yang terdapat di dalam naskah Serat Sasmitarasa. Kelima, dalam hasil penelitian ini terdiri dari dua bagian. Bagian pertama terdiri atas macam-macam Semiotik yakni temuan ikon 1) Bicara Keliru Tanpa Sebab, disebut: Tingkah Buruk Pada Petanda Orang Yang Akan Mendapakan Kesusahan, 2) Hati Bergetar Tanpa Sebab, disebut: rintangan hati Pada Petanda Orang Yang Akan Mendapakan Kesusahan. Temuan indek 1) Tertawa Melebihi Batas Pada Petanda Orang Yang Mendapat Kemarahan Tuhan, 2) Nafsu Melebihi Batas pada Petanda Orang Yang Mendapat Kemarahan Tuhan. Temuan Simbol 1) Air mata Keluar Tanpa Sebab, disebut: Tangisan pada Pertanda Orang Akan Mendapatkan Kesusahan 2) Tercium Bau Busuk Tanpa Sebab, disebut: Bau yang Buruk pada Pertanda Orang Akan Mendapatkan Kesusahan.


Bagian kedua terdiri atas macam-macam mistik pada naskah Serat Sasmitarasa, yakni 1) Jika ada pemikiran dalam hatimu (osik): Aktivitas spiritual dimana  suatu kegiatan yang berhubungan dengan kejiwaan (rohani, batin) atau yang mengutamakan korohanian, 2) Osik itu menjadi petunjuk : mistik yang mengandung kekuatan tertentu dan biasanya untuk mencapai tujuan tertentu.

References

Abimanyu, Petir. 2014. Mistik Kejawen; Menguak Rahasia Hidup Orang Jawa. Yogyakarta:
Narasi.
Barthes, Roland. 1994. Membedah Mitos-Mitos Budaya Massa: Semiotika atau Sosiologi
Tanda, Simbol dan Reprsentasi. Yogyakarta: Jalasutr
Bungin, Burhan. (2001). Metodologi penelitian sosial: format-format kuantitatif dan
kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press.
Danesi, Marcel. 2004. Pesan,Tanda dan Makna: Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan
Teori. Yogyakarta: Jalasutra
Depdikbud. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Hidayah, Sya’ban. 2013. Kajian Filologi dan Sasmita dalam Serat Sasmitarasa. Universitas Negeri Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni.
Kurniawan. 2001. Semiologi Roland Barthes. Magelang: Yayasan Indonesia Tera.
Prayetno, Adi. 2015. Kerja Sama Komunitas ASEAN 2015 dalam Menghadapi ATHG (Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan). Universitas Terbuka: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Teeuw, A. 1983. Membaca dan Menilai Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Wellek, Rene dan Austin Warren. 1995. Teori Kesusastraan. di Indonesiakan oleh Melani
Budianta. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Published
2021-01-10
How to Cite
SARI, Lutfi Novita; KUSMIYATI, Kusmiyati; MARTONO, Boedi. ANALISIS SEMIOTIK DAN MISTIK PADA SERAT SASMITARASA DI MUSEUM KIRTI GRIYA DEWANTARA TAMANSISWA YOGYAKARTA. Prakerta (Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajaran Bahasa Indonesia), [S.l.], v. 3, n. 02, p. 461 - 471, jan. 2021. ISSN 2615-3106. Available at: <http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/prakerta/article/view/317>. Date accessed: 13 apr. 2021.
PROMO WIN BONUS bagi member Bandar Judi Bola hanya di bolaonline303