ANALISIS INTERAKSIONISME DAN SEMIOTIK PERTUNJUKAN KESENIAN JARAN KEPANG SAMBOYO PUTRO KELURAHAN KURUNGREJO KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK

  • Indah Puspita Sari Universitas DR. Soetomo Surabaya
  • Boedi Martono Universitas DR. Soetomo Surabaya
  • Haerussales Haerussaleh Universitas DR. Soetomo Surabaya

Abstract

Kabupaten  Nganjuk berada di wilayah provinsi  Jawa Timur mempunyai pertunjukan kesenian jaran kepang samboyo putro. Faktor yang membuat kessnian ini menarik  yaitu sudah ada dari dulu dan turun temurun selalu dilestarikan dari genasi ke genarasi perbedaan dari kesenian lain dalam samboyo putro mempunyai empat adegan utama yang dimainakan oleh jaran kepang, barongan, celeng. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan bentuk interaksionisme dan aspek semiotik kesenian jaran kepang samboyo putro.


Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian deskriptif menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan data berupa wawancara kemudian hasil wawancara dilakukan pencatatan dengan cara transkrip kedalam tulisan berupa kata data yang diperoleh dari salah satu pendiri sanggar kesenian jaran kepang samboyo putro. Alat yang digunakan perekam suara (handphone).


Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu  teknik  catat menerapkan metode simak dengan teknik libat cakap kemudian teknik metode transkrip menyalin hasil wawancara dari bentuk rekaman ke bentuk tulisan atau kalimat. Kemudian teknik analisis data mengurutkan data ke dalam kategori satuan. Teknik keabsahan ata menggunakan tringulas sumber. semiotik

References

Blumer, Herbert (1969). Symbolic Interactionism: Perspective and Method. Englewood Cliffs, NJ: PrenticeHall.
Broadbent, Geoffrey. Signs, Symbols, And Architecture. New York, John Willey And Sons. 1980
Danesi, Marcel. 2011. Pesan, Tanda dan Makna Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi. Jakarta. Jalasutra
Moeliono, Iper. 1998. Metode Penelitin Sastra Lisan. Jakarta. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan RI
Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset, Bandung
Published
2021-01-10
How to Cite
SARI, Indah Puspita; MARTONO, Boedi; HAERUSSALEH, Haerussales. ANALISIS INTERAKSIONISME DAN SEMIOTIK PERTUNJUKAN KESENIAN JARAN KEPANG SAMBOYO PUTRO KELURAHAN KURUNGREJO KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK. Prakerta (Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajaran Bahasa Indonesia), [S.l.], v. 3, n. 02, p. 456 - 460, jan. 2021. ISSN 2615-3106. Available at: <http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/prakerta/article/view/316>. Date accessed: 13 apr. 2021.
PROMO WIN BONUS bagi member Bandar Judi Bola hanya di bolaonline303