KETERAMPILAN MEMBACA: TEORI FERDINAND DE SAUSSURE

  • Nimas Permata Putri

Abstract

Keterampilan secara umum adalah suatu kemampuan dalam melakukan sesuatu. keterampilan dalam konteks pembelajaran adalah usaha untuk memperoleh kompetensi cekat, cepat dan tepat dalam menghadapi permasalahan belajar. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki manusia, lebih khusus bagi pelajar adalah keterampilan membaca. Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta digunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata atau bahasa tulis. Membaca tidak semudah hanya melafalkan bentuk dan tanda tulisan tetapi juga perlu proses untuk memahami isi bacaan. Oleh sebab itu perlu adanya formulasi baru dalam dalam menumbuhkembangkan keterampilan membaca, karena dengan membaca seseorang akan memperoleh informasi, memperoleh ilmu dan pengetahuan serta pengalaman-pengalaman baru dan luas. Dalam kesempatan ini membahasa tentang keterampilan membaca dengan teori Ferdinand de Saussure.


Metode penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Data dalam penelitian ini ialah teori Ferdinand de Saussure. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan heuristik.


Hasil penelitian yaitu Parole adalah ekspresi bahasa yang muncul dari pikiran tiap individu bersifat subjektif. Langage merupakan gabungan dari parole dan kaidah bahasa, yang digunakan oleh seluruh masyarakat sebagai gabungan dari ekspresi. Sedangkan langue merupakan kaidah bahasa yang digunakan dan diterapkan oleh kelompok masyarakat tertentu yang memungkinkan berbagai elemen di dalamnya untuk memahaminya. Ketika Langue, Parole dan Langage digabungkan dalam konteks pembelajaran bahasa, khususnya keterampilan membaca, maka akal pikiran atau logika akan terstimulasi mempelajari bagaimana orang bernalar. Penalaran tersebut yang akan menumbuhkembangkan keterampilan membaca.

References

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka
Cipta.

Armenakis, A. A. & Harris, S. G. (2009). Reflections : Our journey in organizational
change research and practice. Journal of Change Management.

Farida, Rahim. 2007. Pembelajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi. Aksara.

Given, Lis M. (ed.). 2008. The Sage Encyclopedia of Qualittaive Research Methods. Los
Angeles, London, New Delhi, Singapore: SAGE Publications.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:
Angkasa.

Nurhayati, Pandawa dkk. 2009. Pembelajaran Membaca. Depdiknas. Jakarta.

Novi Resmini, dkk. 2006. Membaca dan Menulis di SD: Teori dan. Pengajarannya.
Bandung: UPI PRESS.

Suwarjo. (2008). Konseling Teman Sebaya untuk Mengembangkan Resiliensi Remaja. UI
Jakarta: Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Ilmu Pendidikan
Published
2020-07-11
How to Cite
PUTRI, Nimas Permata. KETERAMPILAN MEMBACA: TEORI FERDINAND DE SAUSSURE. Prakerta (Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajaran Bahasa Indonesia), [S.l.], v. 3, n. 1, july 2020. ISSN 2615-3106. Available at: <http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/prakerta/article/view/306>. Date accessed: 27 feb. 2021.
PROMO WIN BONUS bagi member Bandar Judi Bola hanya di bolaonline303