MEMBUDAYAKAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KARANGGEDE KEC ARJOSARI. KAB PACITAN DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM (6-ME)

  • Ayatullah Muhammadin Al Fath STKIP PGRI Pacitan

Abstract

Literasi merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Namun, meurut survei yang dilakukan PISA ditemukan bahwa kebiasaan literasi belum membudaya dikalangan siswa Sekolah Dasar. Perlu adanya tindakan yang harus dilakukan untuk mengubah perilaku tersebut. mengamati (observe), mencipta (create), mengkomunikasikan (communicate), mengapresiasikan (appreciate), membukukan (post), memamerkan (demonstrate)) merupakan suatu program yang bertujuan menciptakan budaya literasi di kelas. Dalam kegiatan ini siswa dibiasakan untuk peka terhadap lingkungan dengan membuat suatu karya. Karya yang telah dibuat siswa kemudian dikumpulkan atau dipajang disekitar area kelas. Prinsip yang dibangun dari program ini bertujuan untuk membangkitkan serta mewadahi segala potensi siswa dengan cara belajar secara langsung.

References

Clay, M. M. 2001. Change Over Time in Children’s Literacy Development Portsmouth: Heinemann.
DePorter, Bobby. Dkk. 2005. Quantum Teaching. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Disain Induk Gerakan
Literasi Sekolah.
Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar.
Sari, Jenitta Vaulina Puspita. 2015. Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Ekonomi
Sma Kelas Xi Materi Ketenagakerjaan. Proseding Seminar Nasional UNY.
Undang-Undang No 20 Tahun 2003.
Sistem Pendidikan Nasional.
Published
2020-06-11
How to Cite
AL FATH, Ayatullah Muhammadin. MEMBUDAYAKAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KARANGGEDE KEC ARJOSARI. KAB PACITAN DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM (6-ME). Prakerta (Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajaran Bahasa Indonesia), [S.l.], v. 3, n. 1, june 2020. ISSN 2615-3106. Available at: <http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/prakerta/article/view/304>. Date accessed: 27 feb. 2021.
PROMO WIN BONUS bagi member Bandar Judi Bola hanya di bolaonline303