MEMBUDAYAKAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KARANGGEDE KEC ARJOSARI. KAB PACITAN DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM (6-ME)
Abstract
Literasi merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Namun, meurut survei yang dilakukan PISA ditemukan bahwa kebiasaan literasi belum membudaya dikalangan siswa Sekolah Dasar. Perlu adanya tindakan yang harus dilakukan untuk mengubah perilaku tersebut. mengamati (observe), mencipta (create), mengkomunikasikan (communicate), mengapresiasikan (appreciate), membukukan (post), memamerkan (demonstrate)) merupakan suatu program yang bertujuan menciptakan budaya literasi di kelas. Dalam kegiatan ini siswa dibiasakan untuk peka terhadap lingkungan dengan membuat suatu karya. Karya yang telah dibuat siswa kemudian dikumpulkan atau dipajang disekitar area kelas. Prinsip yang dibangun dari program ini bertujuan untuk membangkitkan serta mewadahi segala potensi siswa dengan cara belajar secara langsung.
References
DePorter, Bobby. Dkk. 2005. Quantum Teaching. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Disain Induk Gerakan
Literasi Sekolah.
Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar.
Sari, Jenitta Vaulina Puspita. 2015. Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Ekonomi
Sma Kelas Xi Materi Ketenagakerjaan. Proseding Seminar Nasional UNY.
Undang-Undang No 20 Tahun 2003.
Sistem Pendidikan Nasional.
Artikel yang dimuat di Jurnal Prakerta merupakan hak cipta penulis, seluruh isi artikel di luar tanggung jawab penerbit.