NOTO TRAGEDI, CINTA DAN KEMBALINYA SANG PANGERAN KARYA PRIJONO HARDJOWIROGO: CERMINAN AKTUALISASI DIRI TOKOH

  • Hasrul Rahman

Abstract

Setiap karya sastra yang tercipta selalu mengangkat sebuah fakta sosial. Adanya fakta sosial tersebut menjadikan sebuah karya sastra lebih menarik untuk dibahas maupun diperdebatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktualisasi diri tokoh Noto. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi. Pendekatan penelitian ini adalah psikologi sastra. Objek penelitian ini adalah novel Noto Tragedi, Cinta dan Kembalinya Sang Pangeran karya Prijono Hardjowirogo. Data dikumpulkan dengan inventarisasi data, analisis dan interpretasi, dan penyimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aktualisasi diri tokoh Noto memiliki kemampuan dalam mengembangkan dirinya. Kebutuhan aktualisasi diri yang mencakup perkembangan manusia dapat diraih dengan kerja keras dan berpikiran jernih terhadap segala hal.

References

Goble, F.G. 1971. Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Terjemahan Supratinya. 1987. Yogyakarta: Kanisius.
Hardjowirogo, Prijono. 2014. Noto Tragedi Cinta dan Kembalinya Sang Pangeran. Jakarta: Grameda Pusaka Utama.
Hawa, Masnuatul. (2014). Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara Analisis Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan. Edutama, 2, 1, hlm 14-24.
Minderop, Albertine. 2011. Psikologi Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.
Wahyuningtyas, Sri dan Wijaya Heru Santoso. 2011. Pengantar Apresiasi Prosa. Surakarta: Yuma Pustaka.
Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Ofset.
Winarni, Retno. 2013. Kajian Sastra. Salatiga: Widya Sari Press.
Published
2018-01-29
How to Cite
RAHMAN, Hasrul. NOTO TRAGEDI, CINTA DAN KEMBALINYA SANG PANGERAN KARYA PRIJONO HARDJOWIROGO: CERMINAN AKTUALISASI DIRI TOKOH. Prakerta (Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajaran Bahasa Indonesia), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 30-38, jan. 2018. ISSN 2615-3106. Available at: <http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/prakerta/article/view/111>. Date accessed: 19 sep. 2018.