PENINGKATAN KUALITAS PACKAGING DAN PENERAPAN DIGITAL MARKETING UMKM ROTI BOLU DESA SIDOMUKTI MAGETAN
Abstract
UMKM yang kami pilih adalah usaha pembuatan roti bolu tradisional “Sedap Rasa” yang berada di Dusun Papringan, Desa Sidomukti, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Roti bolu “Sedap Rasa” memiliki potensi yang besar untuk berkembang karena packaging yang digunakan dan metode pemasarannya masih sederhana. Solusi yang dilakukan inovasi dalam packaging produk dengan mengganti kemasan yang sebelumnya hanya plastik sederhana di tambahkan toples plastik yang berstiker, alasan penggunaan toples plastik adalah untuk membuat produk terlihat lebih menarik dan unik serta mempermudah dalam membuka ataupun menutup kembali serta memberi label yang menarik yaitu “Rotebu” yang merupakan singkatan dari Roti Telur Bulat agar produk tersebut lebih mudah di kenal dan diingat oleh konsumen. Toples plastik juga diberi identitas stiker untuk memberikan informasi kepada konsumen tentang produk.
Strategi pemasaran sebelumnya hanya melalui pemesanan, dititipkan diambil agen, seiring dengan perkembangan teknologi bisa dilakukan inovasi dengan penjualan digital marketing media sosial seperti Instagram, Facebook dan Whatsapp agar jangkauan promosi, pemesanan, dan area pemasaran bisa lebih luas.
References
[2] Fatwan Satyo. 2009. Intellectual Capital, Penerbit Gramedia Pustaka Utama Jakarta
[3] Thoyibie, L. 2010. Psikologi Social Media.http://komunikasi-indonesia.org. Diakses tanggal 20 Desember 2019
[4] Tjiptono, Fandy. (2011). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Penerbit ANDI. Yogyakarta
[5] Zulkifli Kasip.2007. Manajemen Pemasaran, Penerbit Alfabeta, Kartajaya.
Artikel yang dimuat di Jurnal Penelitian Pendidikan merupakan hak cipta Penulis, seluruh isi artikel diluar tanggung jawab penerbit.