MENONTON FILM EDUKATIF (BERTEMA) BERSAMA UNTUK PENERAPAN KARAKTER SISWA DI SDN 3 TERBIS KECAMATAN PANGGUL KABUPATEN TRENGGALEK

  • Fahrul Vidiawan STKIP PGRI Pacitan
  • Riza Dwi Tyas Widoyoko STKIP PGRI Pacitan

Abstract

Film edukasi merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk menjembatani pembelajaran agar lebih menarik dan memberikan nuansa lingkungan yang baru bagi siswa. Pentingnya media hadir dalam pembelajaran merupakan alternatif untuk memunculkan  rangsangan,  keaktifan,  keterampilan  yang  baru  bagi  siswa  dan  mengetahui bentuk nyata terhadap aplikasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subyek pada penelitian ini merupakan siswa SDN 3 Terbis yang ada di Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan  film edukasi dapat  digunakan sebagai media pembelajaran tematik terpadu pada siswa sekolah dasar. Kedua, media pembelajaran melalui film ini dapat diaplikasikan dengan film edukasi animasi yang didalamnya menceritakan mengenai tema pembelajaran khususnya pendidikan karakter yang dipelajari siswa.

References

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara

Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif, Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.
Sunarti. 2013. Pengembangan E-Learning Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, Jilid 1, Nomor 1, Januari 2013, Hal.90-103.Bandung: UPI.

Yuliana Pranita, Lusa Herman, Wurdjinem. 2014. Penerapan Pembelajaran Tematik dengan Mengunakan Metode Role Playing untuk Meningkakan Kualitas Pembelajaran Siswa Kelas III Sekolah Dasar 04 Kota Bengkulu. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, Jilid 2, Nomor 1, Januari 2014, Hal.13-28. Bandung: UPI.
Published
2019-04-04
How to Cite
VIDIAWAN, Fahrul; WIDOYOKO, Riza Dwi Tyas. MENONTON FILM EDUKATIF (BERTEMA) BERSAMA UNTUK PENERAPAN KARAKTER SISWA DI SDN 3 TERBIS KECAMATAN PANGGUL KABUPATEN TRENGGALEK. Journal of Social Empowerment, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 395-400, apr. 2019. ISSN 2503-5371. Available at: <http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jse/article/view/299>. Date accessed: 12 aug. 2020.
PROMO WIN BONUS bagi member Bandar Judi Bola hanya di bolaonline303