PENERAPAN PEMBELAJARAN MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA KULIAH MATEMATIKA 2 MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR

  • Djoko Hari Supriyanto STKIP Modern Ngawi
  • Arum Dwi Rahmawati STKIP Modern Ngawi

Abstract

Berdasarkan observasi metode yang sering digunakan dosen pada perkuliahan matematika 2 adalah metode ceramah. Dengan metode pembelajaran ceramah, materi kurang diserap mahasiswa. Hal tersebut dapat diperlihatkan dengan hasil tes awal yang didapatkan. Sebanyak 72% mahamahasiswa dari 24 tidak lulus standar ketuntasan belajar minimum untuk pokok bahasan kompetensi dasar mata kuliah matematika 2. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model pembelajaran mind mapping bagi mahasiswa calon guru sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah matematika 2. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. TeknikĀ  analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil catatan observasi, catatan wawancara dan catatan dokumentasi selama penelitian dengan langkah-langkah reduksi data, display data dan verifikasi data. Analisis data kuantitatif melalui statistik deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di program Studi S1 PGSD. Hasil penelitian memberikan implikasi bahwa pembelajaran mind mapping dapat dijadikan sebagai salah satu pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini.

References

Buzan, Tony. 2011.Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
C. McLoughlin. The Implications of the research Literature on Learning Styles for the Design of Instructional Material. Australian Journal of Educational Technology. 1999. 15(3), 222-241.
De Porter, B. & Hernacki, M. (2008). Quantum Learning, Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
DePorter, B & Mike.2002. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa
Dewey, John, 2004. Experience and Education Filsafat Pendidikan John Dewey, Bandung: Mizan.
Hudojo, Herman. 1985. Teori Belajar Dalam Proses Belajar-Mengajar Matematika. Jakarta. Depdikbud.
Ibrahim, Muslimin dkk. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya:University Kemmis, S. dan R. Mc Taggart. 1988. The Action Research Planner.
James, W. B., & Blank, W. E. 1993. Review and Critique of Available Learning-Style. Instruments for Adults. In D. Flannery (Ed.) New Directions for Adult and Continuing Education. 59, 47-57.
Meier,D. 2000. The Accelerated Learning Hand Book. New York: The McGraw Hill Companies.
Riding, R. & Rayner, S. 1998. Cognitive Styles and Learning Strategies. Understanding Style Differences in Learning and Behavior. London: David Fulton.
Victoria: Deakin University. Prayudi. 2008. Mind mapping. Online:http://prayudi.wordpress.com/mind-mapping/. (diakses 5 februari 2014)
Wilis, J. (2011). Research-based strategies to ignite student learning. (Terjemahan Akmal Hadrian). Yogayakarta: Mitra Media.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Perstasi Pustaka.
Published
2019-12-18
How to Cite
SUPRIYANTO, Djoko Hari; RAHMAWATI, Arum Dwi. PENERAPAN PEMBELAJARAN MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA KULIAH MATEMATIKA 2 MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Penelitian Pendidikan, [S.l.], v. 11, n. 2, p. -, dec. 2019. ISSN 2477-5851. Available at: <http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/297>. Date accessed: 05 apr. 2020.
PROMO WIN BONUS bagi member Bandar Judi Bola hanya di bolaonline303