PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI OPERASI BILANGAN BULAT DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Anang Hadi Cahyono Universitas Wiraraja
  • Tita Tanjung Sari Universitas Wiraraja

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  mengembangkan suatu perangkat pembelajaran yang meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS) , dan tes hasil belajar (THB) yang memiliki kualitas baik yaitu valid, praktis dan efektif serta untuk mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran dengan pendekatan problem posing pada materi operasi bilangan bulat di kelas IV sekolah dasar di SDN Pangarangan III Sumenep.Tahapan dalam penelitian ini melalui yaitu tahap pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan rancangan model Four-D (4D) dari Thiagarajan (1974) dilanjutkan dengan tahap uji coba perangkat. Data hasil pengembangan perangkat pembelajaran menyatakan bahwa: (1) perangkat pembelajaran dinyatakan valid oleh para ahli, (2) pembelajaran dapat dilaksanakan guru dengan baik, (3) aktivitas siswa selama pembelajaran efektif, (4) respon siswa terhadap pembelajaran positif, (5) ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan tercapai, dan  (6) tes hasil belajar  memenuhi kriteria valid, realibel dan sensitif. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dengan pendekatan problem posing memiliki kualitas baik dan efektif digunakan pada materi operasi bilangan bulat kelas IV Sekolah Dasar.

References

Arends, R. I. 2012. Learning to Teach. New York: Mc Graw Hill Companies, Inc

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineke Cipta.

Miller. 2009. Measurement and Assesment in Teaching Tenth Edition. New Jersey: Pearson

Nieveen, Nienke. 1999. Prototyping to Reach Product Quality. In Jan Van den Akker, R.M. Branch, K. Gustafson, N. Nieveen & Tj. Plomp (Eds). Design Approaches and Tools in Education and Training (pp 125 – 135). Dordrecht, the Nederlands: Kluwer Academic Publishers.

Parta, I. N. 2009. Pengembangan model pembelajaran inkuiri untuk penghalusan pengetahuan matematika mahasiswa calon guru melalui pengajuan pertanyaan. (Disertasi doktor tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya.

Permendikbud. 2013. Implementasi Kurikulum No-81A. Lampiran IV. Jakarta: Kemendikbud

Siswono, T. Y. E. 1999. Metode Pemberian Tugas Pengajuan Soal (Problem Posing) dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Perbandingan di MTs Negeri Rungkut Surabaya. (Tesis magister pendidikan tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya.

Thiagarajan, S.D., Semmel, S., & Semmel, M. L. 1974. Instructional development for training teacher of exceptional. A Source Book Bloomington: Center for Inovation on Teacing the Handicap.
Published
2019-12-18
How to Cite
CAHYONO, Anang Hadi; SARI, Tita Tanjung. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI OPERASI BILANGAN BULAT DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Penelitian Pendidikan, [S.l.], v. 11, n. 2, p. -, dec. 2019. ISSN 2477-5851. Available at: <http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/295>. Date accessed: 06 aug. 2020.
PROMO WIN BONUS bagi member Bandar Judi Bola hanya di bolaonline303