IDENTIFIKASI KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENGANTAR PROBABILITAS

  • Tri Astuti UST

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan mahasiswa prodi pendidikan matematika dalam menyelesaikan soal pengantar probabilitas. Penelitian ini dilaksanakan di Prodi Pendidikan Matematika FKIP UST dengan ukuran populasi adalah 135 mahasiswa sedangkan ukuran sampel penelitian sebanyak 33 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Tes digunakan untuk mengidentifikasi kesalahan dalam menyelesaikan soal Pengantar Probabilitas. Instrumen penelitian ini adalah tes yang berbentuk essay sejumlah 5 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP UST melakukan rata-rata kesalahan konsep sebesar 33,94% dengan kategori rendah, rata-rata kesalahan prosedur sebesar 39,39% dengan kategori rendah, dan rata-rata kesalahan komputasi sebesar 68,79% dalam kategori tinggi. Sedangkan kesalahan yang paling dominan adalah kesalahan komputasi. Terkait hasil penelitian tersebut maka peneliti memberikan saran agar mahasiswa lebih teliti dan rajin berlatih mengerjakan soal-soal matematika sehingga kesalahan dapat diminimalkan.

References

Desi Wulandari. 2015. Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Pleret Bantul. Yogyakarta: FKIP UST.
Dewi Rahimah. 2012. Identifikasi Kesalahan Mahasiswa Dalam menyelesaikan Soal-soal Pokok Bahasan Integral Pada Mata Kuliah Kalkulus Integral. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains (EXACTA). Vol X No. 1, Juni 2012. Bengkulu
Herman Hudoyo. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang
Nana Sudjana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rika Febrianti. 2014. Identifikasi Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Terpadu Kota Bengkulu Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. (http://repository.unib.ac.id/8729/1/I,II,III,II-14-rik.FK.pdf) diakses 17 Maret 2016
Russeffendi. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika. Bandung: Tarsito
Sukmadinata. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Wardoyo. 2013. Analisis Kesalahan Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 1 Cukup Tengah Dalam Menyelesaikan Masalah Divergen Tentang Sistem Persamaan Linear Dua Peubah. (http://repository.unib.ac.id/8448/1/I,II,III,2-13-war.FI.pdf) diakses 17 Maret 2016
Published
2017-06-05
How to Cite
ASTUTI, Tri. IDENTIFIKASI KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENGANTAR PROBABILITAS. Jurnal Penelitian Pendidikan, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 1363-1368, june 2017. ISSN 2477-5851. Available at: <http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/128>. Date accessed: 19 sep. 2018.