MODEL IMITASI MAHASISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN

  • Sugiyono . STKIP PGRI Pacitan
  • Joko Sutrisno STKIP PGRI Pacitan

Abstract

Manusia sebagai makhluk individual sekaligus makhluk sosial, dalam hidupnya pasti mengalami interaksi sosial. Individu yang berinteraksi dalam waktu yang cukup panjang ada kecenderungan melakukan peniruan/imitasi perilaku secara timbal balik. Tujuan penelitian ini anatara lain: 1) untuk mengetahui sejauh mana perilaku imitasi mahasiswa PGSD STKIP PGRI Pacitan pada kegiatan pembelajaran, 2) untuk mengetahui model imitasi mahasiswa PGSD STKIP PGRI Pacitan pada kegiatan pembelajaran.  Penelitian ini merupakan jenis penelitan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 Program Studi PGSD STKIP PGRI Pacitan tahun akademik 2016/2017. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposif sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perilaku imitasi yang dilakukan mahasiswa PGSD STKIP PGRI Pacitan dalam kegiatan pembelajaran terbagi menjadi tiga, yaitu Copying dengan persentse 50,68%, Matched-dependent bahavior sebesar 35,62% melakukan, dan behavioral dengan persentase 13,70%; 2) Model imitasi mahasiswa PGSD STKIP PGRI Pacitan meliputi lima jenis yaitu; imitasi langsung, imitasi tidak langsung, imitasi gabungan, imitasi terbatas, dan imitasi tidak terbatas.

References

Aini Mahabbati. 2012. Analisa Teori Belajar Sosial Bandura Mengenai Gangguan Perilaku Agresif pada Anak. Jurnal Pendidikan Khusus IX, No 2, Nopember 2012.
Ariefa Efianingrum. 2006.Wacana Kekerasan dalam Interaksi Remaja Kasus Perkelahian Pelajar di Yogyakarta. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/Artikel%20Humaniora%202006.pdf
Jean Richard. 2011. Pengaruh Imitasi Terhadap Intensi Pembelian Pada Konsumen Produk Minuman Bersoda Baru Big Cola: Perspektif Theory Of Planned Behavior. Tesis IU Program Studi : Magister Manajemen.
Lexy J. Moloeng. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Miles, M. B. dan Huberman, A. M. (Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. 2009. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. jakarta: UIPress.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunhaji. 2008. Strategi Pembelajaran: Konsep dan Aplikasinya. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan (INSANI) P3M STAIN Purwokerto. Vol. 13 No. 3, 1 Sep-Des 2008 ISSN 474-492.
Yessi Paradina Sella. 2013. Analisa Perilaku Imitasi Dikalangan Remaja Setelah Menonton Tayangan Drama Seri Korea di Indosiar ( Studi Kasus Perumahan Pondok Karya Lestari Sei Kapih Samarinda). E-Journal Ilmu Komunikasi 1 (3) :66-80. (online) ejournal.Ilkom.fisip.unmul.ac.id
Published
2017-06-05
How to Cite
., Sugiyono; SUTRISNO, Joko. MODEL IMITASI MAHASISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Jurnal Penelitian Pendidikan, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 1357-1362, june 2017. ISSN 2477-5851. Available at: <http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/127>. Date accessed: 21 june 2018.