STRATEGI KEBAHASAAN PADA REKLAME OUT DOOR (Jalan Pacitan-Yogyakarta)

  • Agoes Hendriyanto STKIP PGRI Pacitan

Abstract

Artikel ini bertujuan  untuk (1) strategi pemilihan kata atau diksi, dan (2) strategi pemilihan gaya bahasa. Penelitian dekriptif kualitatif dengan menggunakan analisis wacana kritis dengan meneliti strategi diksi dan gaya bahasa iklan.  Hasil kajian ini menemukan sebagai berikut;  kata benda sebesar 34%,  kata asing 34%, kata kerja 12%, kata keterangan 8%, kata depan 3%, kata sifat 3%, dan kata sambung 6%. Selain itu, penggunaan gaya bahasa hiperbola, metafora, personifikasi repetisi, klimaks, paralelisme, alegori menjadi pilihan utama dalam iklan di jalan Pacitan-Yogyakarta. Strategi penggunaan  gaya bahasa dalam iklan out door jalan Pacitan-Yogyakarta  sebagai berikut: elipsis 14,2%, alegori 34,3 %, personifikasi 20%, paralelisme 5,7%, hiperbola 8,6%, klimaks  8,6 %, dan repetisi  8,6%.  Penggunaan gaya bahasa alegori dengan gambar, logo menjadi pilihan terbesar pembuat iklan out door.

References

Ahmad Hidayat, A. 2006. Filsafat Bahasa: Mengungkap Hakikat Bahasa, Makna, dan tanda. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Darmawan, Ferry. 2006. Posmodernisme Kode Visual dalam Iklan Komersial”. Jurnal Komunikasi Mediator.
Danesi, M. 2010. Pesan, Tanda, dan Makna: Buku Teks Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi. Yogyakarta. Jalasutra.
Janich, Nina. 2001. Werbesprache: Ein Arbeitsbuch 2. Auflage. Tübingen: Gunter Narr Verlag.
Julita S, Y, 2014. Analisis Wacana Iklan Kosmetik Di Media Televisi. Jurnal Pena Volume 4, Nomor 1.
Jorgensen, Marianne W. dan Louise J. Philips. 2007. Analisis Wacana Teori dan Metode. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. http://kbbi.web.id diakses tanggal 20 Maret 2017.
Keraf, Gorys 1985. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.
Keraf, Gorys. 2002. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Peraturan Daerah Kabupaten Kulunprogo. Nomor 5 tahun 2014. Tentang Kawasan Bebas Rokok.
Pradopo, R.D. 2002. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Silvana Sinar, Tengku. 2008. Teori dan Analisis Wacana : Pendekatan Sistematik Fungsional. Medan: Pustaka Bangsa Press.
Soloposcom. 2017. Pendapatan Pajak Reklame tidak sesuai target. http://solopos.com diakses tanggal 20 Maret 2017.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistik. Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma.
Suryanto & Hendriyanto. 2016. Filsafat Bahasa Scientific Berbasis Nilai Kearifan Lokal. Lamongan. Pustaka Ilalang.
Widyatama, Rendra. 2005. Pengantar Periklanan. Jakarta Pusat: Buana Pustaka Indonesia
Published
2017-06-03
How to Cite
HENDRIYANTO, Agoes. STRATEGI KEBAHASAAN PADA REKLAME OUT DOOR (Jalan Pacitan-Yogyakarta). Jurnal Penelitian Pendidikan, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 1311-1323, june 2017. ISSN 2477-5851. Available at: <http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/123>. Date accessed: 19 sep. 2018.