EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PRESTASI MAHASISWA PADA MATA KULIAH EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA IKIP PGRI BOJONEGORO

  • Nur Rohman IKIP PGRI Bojonegoro
  • Nelly Indriastuti Purnamasari IKIP PGRI Bojonegoro
  • Dian Nurul Safitri IKIP PGRI Bojonegoro

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: “Apakah pembelajaran berbasis komputer dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih efektif dalam memberikan prestasi belajar mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro dibanding dengan pembelajaran konvensional pada mata kuliah evaluasi pembelajaran matematika tahun akademik 2016/2017?


Penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk penelitian eksperimental semu sebab tidak memungkinkan untuk mengontrol semua variabel yang mempengaruhi variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester empat tingkat II Prodi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Bojonegoro. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan cara simple random sampling. Hipotesis yang dikemukakan akan diuji menggunakan uji-t.


Dari hasil tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: Pembelajaran berbasis komputer dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih efektif memberikan prestasi belajar mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro dibanding dengan pembelajaran konvensional pada mata kuliah evaluasi pembelajaran matematika tahun akademik 2016/2017.

Author Biography

Nur Rohman, IKIP PGRI Bojonegoro

Dosen Prodi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro

References

Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Budiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian Edisi Ke 2. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Cheah, Ui Hock, A Practical Framework for Technology Integration in Mathematics Education, Makalah dipresentasikan dalam SEAMEO-RECSAM, Penang, Malaysia, 2008.
Depdiknas. 2004. Matematika Pembelajaran. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hasibuan, A. Zainal. Best Practice and Successful ICT Usage in Teaching and Learning. Makalah dipresentasikan dalam ICT Conference and Exhibition, Kuala Lumpur, Marc 11 -12, 2008.
Herdy. 2001. Education For All Global Monitoring Report.
(http://herdy07.wordprress.com). Diakses pada 6 Maret 2017 09:39:17
Masduki, Arif Ganda Nugroho. (2009). “Pembelajaran matematika dengan media berbasis komputer ditinjau dari aktivitas belajar siswa”. Surakarta: UMS
Mohamad Ali. 1991. Konsep & Penerapan CBSA Dalam Pengajaran. Bandung: PT Sarana Panca Karya
O’Loughlin, M. 1992. Rethinking Science Education: Beyond Piagetian Contructivism Toward a Sociocultural Model of Teaching and Learning. Journal of Research in Science Teaching. Vol 29. No. 8. 791-820
Puspendik. 2011. Survei Internasional TIMSS. http://litbangkemdiknas.net/detai.php?id=214. Diunduh pada 4 Pebruari 2017, 10:45:16.
Ruslan, Rosdy. 2003. Metode Belajar dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Siporin, Max. 1975. Hasil Belajar dan Prestasi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sulani. 2010.Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linier Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Se-Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.
Sunistini Margunayasa, Luh. 2012 Penerapan Metode Snowball Throwing Berbantuan Media Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri 1 Petandakan. Singaraja: UPG.
Susilowati Nesih. 2014. Pengaruh media pembelajaran berbasis komputer dengan program flash terhadap hasil belajar siswa pada konsep Hidrokarbon (Alkana, Alkena, Alkuna). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Published
2017-10-15
How to Cite
ROHMAN, Nur; PURNAMASARI, Nelly Indriastuti; SAFITRI, Dian Nurul. EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PRESTASI MAHASISWA PADA MATA KULIAH EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA IKIP PGRI BOJONEGORO. Jurnal Humaniora, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 657-662, oct. 2017. ISSN 2356-0614. Available at: <http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jh/article/view/99>. Date accessed: 19 feb. 2018.