Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Schoology Platform untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Kualitas Pembelajaran PPKn di Era 4.0

  • Yuliyatno Yuliyatno Madrasah Aliyah Negeri 2 Bojonegoro

Abstract

Telah banyak penelitian dilakukan dalam upaya pengembangan model pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, namun penelitian yang menggabungkan model pembelajaran flipped classroom dengan schoology apps belum banyak mendapatkan perhatian. Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk: 1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pembelajaran flipped classroom berbasis schoology apps pada pembelajaran PPKn; 2) mengidentifikasi efek dari penerapan model pembelaarn ini terhadap minat belajar dan kualitas pembelajaran PPKn. Design penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang melibatkan 32 siswa pada matapelajaran PPKn. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, interview, pre- dan post-test, serta kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah theme-analysis. Hasil penelitiian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat beberapa langkah dalam menerapkan model pembelajaran flipped classroom berbasis schoology apps, antara lain pre-action, action, dan tahap post-action; 2) terdapat beberapa efek positif yang dihasilkan setelah penerapan model pembelajaran ini antara lain meningkatkan motivasi, minat belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPkn. Penelitian lanjutan tentang bagaimana respon siswa terhadap penerapan flipped classroom berbasis schoology apps direkomendasikan untuk dilakukan demi perbaikan penerapan model pembelajaran ini.

References

Akbar, M. (2015) Implementasi Kurikulum 2013, Universitas Negeri Malang,
Amiroh, F. (2013) Studi Komparasi Model Pembelajaran Traditional Flipped Classroom dengan Peer Instruction Flipped terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah, Unnes Journal of Mathematics Education Vol 12: No.9.
Johnson, G. B. (2013). Student Perceptions Of The Flipped Classroom. Columbia: The University Of British Columbia
Kurniawati, D. (2011) Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PPKn Melalui Model COOPERATIVE LEARNING Tipe Kepala Bernomor Terstruktur Pada Siswa SMPN 2 Sewon Bantul”, Yogyakarta : Universitas Yogyakarta.
Knewton. (2011). Flipped classroom : A New Method of Teaching is Turning The Traditional Classroom on Its head, (New York : Knewton, http://www.knewton.com/flipped-classroom.
Miles, M. B. & Huberman, A. M. (2009). Qualitative data Analysis: A Sourcebook of New Methods. California; SAGE publications Inc
Natalie B. Milman. (2012). The Flipped Classroom Strategy What is it and can it best be used?. Jurnal Internasional Volume 9, Issue 3: 86.
Roehl, A. (2013) The Flipped Classroom : An Opportunity To Engage Millenial Students Through Active Learning Models, Jurnal Internasional Christian University Of Texas Vol 105. No 2.
Syam, A. (2014). "The Flipped Class: Shedding Light on the Confusion, Critique, and Hype". The Daily Riff. Retrieved 7 April 2015.
Yulietri, F. (2015). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar PPKn Ditinjau Dari Kemandirian Belajar, Teknodika Volume 13: 2.
Published
2020-06-10
How to Cite
YULIYATNO, Yuliyatno. Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Schoology Platform untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Kualitas Pembelajaran PPKn di Era 4.0. Jurnal Humaniora, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 1222-1230, june 2020. ISSN 2356-0614. Available at: <http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jh/article/view/300>. Date accessed: 12 aug. 2020.
PROMO WIN BONUS bagi member Bandar Judi Bola hanya di bolaonline303