KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN SEBAGAI SARANA UNTUK MENUMBUHKAN CINTA TANAH AIR PADA SISWA MIM TAMBAKAN

  • Praktik Hari Yuwono Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Abstract

Budaya harus dimasukan ke dalam pendidikan, karena budaya dapat menyebabkan siswa tumbuh dan berkembang baik secara prilaku maupun sikap. Pembelajaran  di luar kelas dapat diajarkan melalui kegiatan ekrakurikuler. Ekstakurikuler yang dapat melestarikan budaya ialah ekstrakurikuler karawitan. Ekstrakurikuler karawitan sangatlah bermanfaat dalam melestarikan budaya, karena karawitan merupakan musik asli dari Indonesia. Penelitian   ini bertujuan untuk:   1) melihat keadaan ekstrakurikuler karawitan yang ada di MI Muhammadiyah Tambakan. 2)peran ekstrakurikuler karawitan dalam menumbuhkan cinta tanah air pada siswa. 3) faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan ekstrakurikuler karawitan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif adalah  suatu  bentuk  penelitian  yang  paling  dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa keadaaan ekstrakurikuler karawitan dijadwalkan oleh pihak sekolah pada hari kamis, tetapi juga bisa dilaksankan dilain hari. Ekstrakurikuler karawitan yang diajarkan menggunakan metode intruksi langsung, menggunakan gaya banyumasan dan jenis sekar gending dalam pembelajarannya, dan terdapat alat  gending  yang mulai  rusak. Faktor penghambat dalam kegiatan ekstrakurukuler  karawitan  ialah  tentang  alat  yang  sudah  mulai  rusak  dan masuknya budaya asing. Faktor pendukung dalam ektrakurikuler karawitan ialah dari lingkungan dan sekolah.

Author Biography

Praktik Hari Yuwono, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Bagus,I. 2016. Kearifan Budaya Lokal Perekat Identitas Bangsa. jurnal Bakti Saraswati Vol.05. no. 01.

Creswell, J. 2013. Research Desain Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Elfindri, dkk. Pendidikan Karakter Krangka, Metode, dan Aplikas UntukPendidikan Dan Profesianal. Jakarta: Baduose Media Jakarta.

Fitri, A. Pendidikan Karakter berbasis Nilai & Etika Di Sekolah. Jogjakarta: AR- Ruzz Media.

Fitriani, Isnaini, dan Uswatu. 2014. The Implementation Of Character Education In “Seni Karawitan(sekar)” Extracuricular Activities.

Journal PELITA, Volume IX, Nomor 2
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta

Kilin. A. 2015.Croos-Cultural Practice in Creative Perspektive New Zealand Composition for Central Javanese Gamelan Instrumen. New Zealand Journal of Asian Studies .Volume 17 Number.

Lestari, P dan Sukanti. 2016. Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler Ektrakurikuler, dan Hidden Curriculum. jurnal penelitian, vol10, no 1,

Moleong. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Promosi Kesehatan, Teori dan aplikasi. Jakarta:Rineka Cipta

Purwanto, J. 2012. Beberapa Unsur Pembentukan Estetika Karawitan Jawa Gaya Surakarta. Jurnal Seni Budaya Vol 10.

Sabrina,R. 2002. Pendidikan Seni Musik. Bandung: CV: Maulana

Setiadi, Elli dkk. 2005. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Bandung

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuanitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuanitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sujarwa. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sulistyobudi, N. 2013. Seni Karawitan Jawa:Pendidikan Budi Pekerti. Jurnal senibudaya vol. 8, no 1

Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta Tumanggor,

R dkk. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Wibowo, A dkk. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka pelajar

Yaumi, M. 2014. Pendidikan Karakter Landasan, Pilar,&Implementasi. Jakarta: Kencan
Published
2019-10-22
How to Cite
YUWONO, Praktik Hari. KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN SEBAGAI SARANA UNTUK MENUMBUHKAN CINTA TANAH AIR PADA SISWA MIM TAMBAKAN. Jurnal Humaniora, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 1041-1047, oct. 2019. ISSN 2356-0614. Available at: <http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jh/article/view/292>. Date accessed: 05 apr. 2020.
PROMO WIN BONUS bagi member Bandar Judi Bola hanya di bolaonline303