PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR UNTUK MAHASISWA STKIP PGRI PACITAN

  • Eka Putra Wahyu Suminar STKIP PGRI Pacitan
  • Dwi Cahyani Nur Apriyani STKIP PGRI Pacitan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (educational research and development) dengan tujuan menghasilkan lembar kerja mahasiswa (LKM) mata kuliah struktur aljabar yang layak dan efektif dalam perkuliahan. Prosedur pengembangan produk mengacu model Plomp yang terdiri atas lima tahap yaitu: (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi/konstruksi, (4) tes, evaluasi, dan revisi, (5) implementasi. Uji coba keefektifan lembar kerja mahasiswa diukur melalui tiga indikator yaitu; (1) aktivitas mahasiswa, (2) respon mahasiswa, dan (3) ketuntasan belajar. Hasil uji coba menunjukkan rata-rata skor aktivitas mahasiswa dalam proses pembelajaran menggunakan lembar kerja mahasiswa sebesar 83% yaitu berada pada kriteria aktif. Selanjutnya untuk indikator respon mahasiswa menunjukkan mahasiswa memberikan respon positif yaitu rata-rata skor respon mahasiswa sebesar 87% sangat setuju. Kemudian berdasarkan data hasil tes belajar setelah selesai mengikuti proses pembelajaran nilai rata-rata mahasiswa mencapai 89,3. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ketuntasan belajar telah tercapai. Dari hasil ketiga indikator dapat dikatakan LKM efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar.

Author Biographies

Eka Putra Wahyu Suminar, STKIP PGRI Pacitan

Program Studi Pendidikan Matematika

Dwi Cahyani Nur Apriyani, STKIP PGRI Pacitan

Program Studi Pendidikan Matematika

References

Afifah, R. N., 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Metode Percobaan, Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta.
Apriyani, D. C. N., 2015. Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Penerapan Metode Post Test pada Mata Kuliah Struktur Aljabar 2. Pacitan, LPPM STKIP PGRI Pacitan.
Arsyad, A., 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Perkasa.
Prastowo, A., 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Rochmad, 2011. Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. s.l.:Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas MIPA UNNES.
Sadra, W., 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berwawasan Lingkungan dalam Pelatihan Guru Kelas 1 Sekolah Dasar. Surabaya: UNESA.
Yuniati, S., 2012. Pengembangan Bahan Ajar Struktur Aljabar Berbasis Tugas Resitasi Untuk Mahasiswa Universitas Islam Negeri Suska Riau. Gamatika, Nopember.III(1).
Published
2016-10-06
How to Cite
SUMINAR, Eka Putra Wahyu; APRIYANI, Dwi Cahyani Nur. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR UNTUK MAHASISWA STKIP PGRI PACITAN. Jurnal Humaniora, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 437-440, oct. 2016. ISSN 2356-0614. Available at: <http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jh/article/view/24>. Date accessed: 24 nov. 2017.