MODEL PENGENALAN AKTIVITAS JASMANI BAGI SISWA TAMAN KANAK-KANAK

  • Anung Probo Ismoko STKIP PGRI Pacitan
  • Danang Endarto Putro STKIP PGRI Pacitan

Abstract

Penelitian bertujuan menghasilkan model pengenalan aktivitas jasmani melalui aktivitas bermain bagi siswa TK. Model pengenalan aktivitas jasmani mengembangkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Model pengenalan aktivitas jasmani diharapkan digunakan guru dalam penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar.


Penelitian menggunakan desain penelitian dan pengembangan. Langkah-langkah yang dilakukan sebagai berikut: (1) menilai kebutuhan untuk mengidentifikasi tujuan, (2) melakukan analisis instruksional, (3) menganalisis peserta didik dan bahan materi, (4) menulis tujuan kinerja, (5) mengembangkan instrumen penilaian produk, (6) mengembangkan strategi instruksional, (7) mengembangkan dan memilih bahan instruksional, (8) desain produk dan melakukan evaluasi formatif terhadap instruksi, dan (9) merevisi instruksi. Karakteristik subjek uji coba adalah siswa TK. Uji coba skala kecil dilakukan di TK Pertiwi dan uji coba skala besar dilakukan di TK Bhayangkari, TK Kartika IV, TK Putra Harapan. Instrumen yang digunakan: (1) petunjuk umum wawancara, (2) catatan lapangan, (3) lembar evaluasi, (4) angket skala nilai validasi, (5) angket skala nilai pedoman observasi permainan, dan (6) angket skala nilai pedoman observasi keefektifan model dalam pembelajaran.


Hasil penelitian adalah; (1) Data hasil validasi menurut ahli materi adalah “Sangat Baik” rerata skor 4,44, (2) Menurut ahli media adalah “Sangat Baik” rerata skor  4,31, (3) Penilaian guru secara keseluruhan adalah “Sangat Baik”rerata skor 4,51, disimpulkan bahwa model pengenalan aktivitas jasmani untuk siswa Taman Kanak-kanak termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”. Kesimpulannya adalah model pengenalan aktivitas jasmani untuk siswa TK sangat bagus untuk meningkatkan pengetahuan dan kreatifitas guru dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Author Biography

Anung Probo Ismoko, STKIP PGRI Pacitan

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP PGRI Pacitan

References

Kemendiknas. (2010). Pedoman pengembangan program pembelajaran di taman kanak-kanak. Jakarta: Kemendiknas.
Samsudin. (2008). Pembelajaran motorik di taman kanak-kanak. Jakarta: Prenada Media Group.
Soemiarti Patmonodewo. (1995). Buku Ajar Pendidikan Prasekolah. Jakarta. Depdikbud. Dirjen Dikti. Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.
Trianto. (2011). Desain pengembangan pembelajaran tematik bagi anak usia dini TK/RA & anak usia kelas awal SD/MI. Jakarta: Prenada Media Group.
Published
2016-10-06
How to Cite
ISMOKO, Anung Probo; PUTRO, Danang Endarto. MODEL PENGENALAN AKTIVITAS JASMANI BAGI SISWA TAMAN KANAK-KANAK. Jurnal Humaniora, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 418-424, oct. 2016. ISSN 2356-0614. Available at: <http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jh/article/view/20>. Date accessed: 24 nov. 2017.