KONSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA TERHADAP MATA KULIAH METODE NUMERIK

  • Mulyadi . STKIP PGRI Pacitan
  • Dwi Cahyani N.A. STKIP PGRI Pacitan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsepsi mahasiswa pendidikan matematika terhadap mata kuliah metode numerik. Konsepsi dalam hal ini dibedakan menjadi tiga yakni memahami konsep, tidak memahami konsep dan miskonsepsi. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika STKIP PGRI Pacitan. Teknik yang digunakan dalam pengambilan subjek adalah purposive sampling. Sumber data diperoleh dari hasil tes diagnostik kesalahan yang disertai skor Certainly of Response Index (CRI) dan wawancara mendalam. Validasi data dilakukan dengan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini diperoleh sebagai berikut: 1). konsepsi mahasiswa terhadap sistem persamaan linear utamanya pada metode eliminasi Gaus-Jordan menunjukkan bahwa 86% mahasiswa tidak memahami konsep, 14% memahami konsep dan tidak ada mahasiswa yang mengalami miskonsepsi; 2). konsepsi mahasiswa terhadap integrasi numerik menunjukkan bahwa 32% mahasiswa tidak memahami konsep, 68% memahami konsep dan tidak ada mahasiswa yang mengalami miskonsepsi; 3). konsepsi mahasiswa terhadap differensiasi numerik menunjukkan bahwa 45% mahasiswa tidak memahami konsep, 55% memahami konsep dan tidak ada mahasiswa yang mengalami miskonsepsi.

References

Herman Hudojo. 2003. Belajar mengajar matematika. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.
Hernawan, Hudiana. 2017. Penggunaan Aplikasi Mobile Learning Berbasis Html 5 Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Mikrobiologi. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan,15(2), 645-652.
Kusaeri. 2015. Terbentuknya konsepsi matematika pada diri anak dari perspektif teori reifikasi dan apos. Jernal Pendidikan Matematika. Volume 1 Nomor 2, halaman 101-105.
Moleong, L.J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyadi, Riyadi, & Sri Subanti. 2015. Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) Ditinjau Dari Kemampuan Spasial. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol.3, No.4, hal 370-382
Mulyadi. 2015. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) Ditinjau dari Kemampuan Spasial. Thesis pada PPs-UNS: Tidak dipublikasikan.
_______. 2015. Identifikasi Kesalahan Berdasarkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP PGRI Pacitan pada Mata Kuliah Persamaan Differensial. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, hal 229-234
_______. 2016. Peran Perguruan Tinggi dan Pemerintah dalam Mempersiapkan ASEAN Economic Community (AEC). Jurnal Penelitian Pendidikan, 8 (1): 1221-1228
Nana Syaodih Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Suzana, Y. (2003). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Umum melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Kognitif. Tesis UPI Bandung: tidak diterbitkan.
Published
2017-10-11
How to Cite
., Mulyadi; N.A., Dwi Cahyani. KONSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA TERHADAP MATA KULIAH METODE NUMERIK. Jurnal Humaniora, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 652-656, oct. 2017. ISSN 2356-0614. Available at: <http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jh/article/view/118>. Date accessed: 16 oct. 2018.