KREATIVITAS PELATIH BOLA VOLI DI KLUB BOLA VOLI SE-KABUPATEN PACITAN DALAM MENYIKAPI KETERBATASAN ALAT DAN FASILITAS

  • Budi Dermawan STKIP PGRI Pacitan
  • Ari Iswanto STKIP PGRI Pacitan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membantu memberi gambaran secara empiris dan ingin mengetahui kreativitas pelatih bola voli di Pacitan dalam menyikapi keterbatasan alat dan fasilitas. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survei dan instrumen angket. Populasi dalam penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini adalah pelatih bola voli yang melatih di perkumpulan atau klub bola voli di Kabupaten Pacitan sebanyak 32 pelatih. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh populasi (sampel populasi). Data tentang kreativitas pelatih pada penelitian ini mencakup kemampuan melihat masalah, kemampuan pelatih dalam menciptakan ide, serta sikap terbuka terhadap hal-hal baru. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kreativitas pelatih bola voli se-Kabupaten Pacitan dalam menyikapi keterbatasan alat dan fasilitas masuk kategori tinggi. Secara rinci, kreativitas pelatih bola voli se-Kabupaten Pacitan dalam menyikapi keterbatasan alat dan fasilitas yaitu: (1) Kemampuan dalam melihat masalah yang berhubungan dengan alat dan fasilitas  masuk kategori sangat tinggi, (2) Kemampuan pelatih dalam menciptakan ide untuk memecahkan masalah masuk kategori tinggi, (3) Sikap terbuka dan menerima hal-hal baru masuk kategori tinggi.

References

Agus S. Suryobroto. (2001). Teknologi Pembelajaran Cara Melatih Permainan Bola Voli . Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.
_____. (2004). Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.
Anas Sudijono. (1995). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.
_____. (2005). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Elizabeth B. Hurlock. (1994). PerkembanganAnak. Jakarta: Erlangga.
Nadizah. (1992). PengembanganKurikulum Cara melatih permainan bola voli dan Kesehatan. Jakarta Depdikbud.
Nursito. (1999). Kiat Mengawali Kreativitas. Jakarta: Mitra Gama Widya.
Saryo. (2004). Kreativitas Pelatih Penjas Dalam Mengatasi Keterbatasan Alat Dan Fasilitas . Skripsi tidak diterbitkan. FIK UNY
Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarata: Bina Aksara.
Soepartono. 1999. Alat dan fasilitas Olahraga. Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Pelatih SLTP Setara D-III.
Sugiyono. (2003). Statistik untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (1992). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
_____. (1996). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
_____. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukintaka. (1992). Te2 PGSD Penjaskes. Jakarta: Depdikbud.
Sutrisno Hadi.(1991). Analisis Butir Untuk Instrumen Angket, Tes, dan Skala Nilai Dengan Basica. Yogyakarta: Andi Offset.
Utami M.SC, dkk. (1984). Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah (Petunjuk bago Pelatih dan Orangtua). Jakarta: PT Gramedia.
Published
2017-10-10
How to Cite
DERMAWAN, Budi; ISWANTO, Ari. KREATIVITAS PELATIH BOLA VOLI DI KLUB BOLA VOLI SE-KABUPATEN PACITAN DALAM MENYIKAPI KETERBATASAN ALAT DAN FASILITAS. Jurnal Humaniora, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 628-634, oct. 2017. ISSN 2356-0614. Available at: <http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jh/article/view/114>. Date accessed: 16 oct. 2018.