ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) BERBASIS VIDEO PADA PEMBELAJARAN 5 UNTUK KELAS II SEKOLAH DASAR

  • Iin Haryanti Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Yudha Febrianta Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Agung Nugroho Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran PHBS berbasis video pada pembelajaran ke- 5 untuk kelas II Sekolah Dasar. 


Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau research and development (R&D) yang dimanfaatkan untuk menghasilkan media pembelajaran yang dikembangkan adalah media pembelajaran PHBS berbasis video pada pembelajaran ke-5 untuk kelas II Sekolah Dasar.  Subjek penelitian ini adalah guru pendidik jasmani dan peserta didik kelas II Sekolah Dasar sebanyak 30 peserta didik. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara dengan guru pendidikan jasmani dan hasil angket yang diberikan kepada peserta didik.


Hasil dari wawancara guru pendidikan jasmani dan angket peserta didik menujukan bahwa dalam pembelajaran PHBS masih bersifat metode ceramah, menggunakan media buku pegangan guru, buku pegangan siswa, dan media gambar yang dicetak masih bersifat sederhana dan hasil angket yang di berikan kepada peserta didik 76,67% menyatakan membutuhkan media pembelajaran. Hasil analisis kebutuhan menujukan bahwa guru dan peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang bisa mendukung proses belajar–mengajar dengan mengunakan media pembelajaran PHBS berbasis video pada pembelajaran ke- 5 untuk kelas II Sekolah Dasar.

References

Aryad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo persada.
Isral, M. M. Dkk. (2018). Efektivitas Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.
Maryunani, Anik. (2013). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: CV Info Media.
Munir. ( 2012) Multimedia konsep & aplikasi dalam pendidikan. Bandung Alfabeta.
Notoatmojo, S. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka cipto.
Paturusi, A. (2012). Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Rineka Cipta.
Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Yogyakarta:
DIVA Pres.
Pribadi, A. B. (2012). Media dan Teknologi Dalam Pembelaran. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, W. (2008) Perencanaan & Desain Sistem Pembelajara. Jakarta: Prenademedia Grup.
Sudjana, N. dan Ahmad, R. (2008). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensido.
Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Published
2019-06-19
How to Cite
HARYANTI, Iin; FEBRIANTA, Yudha; NUGROHO, Agung. ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) BERBASIS VIDEO PADA PEMBELAJARAN 5 UNTUK KELAS II SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Keolahragaan, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 170-178, june 2019. ISSN 2614-2341. Available at: <http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jemani/article/view/275>. Date accessed: 12 aug. 2020.
PROMO WIN BONUS bagi member Bandar Judi Bola hanya di bolaonline303