ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN TRADISIONAL JAWA TENGAH UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

  • Iin Chaelani Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Yudha Febrianta Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Arifin Muslim Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keadaan awal di lapangan terkait perlunya pengembangan model permainan tradisional Jawa Tengah.


Metode penelitian ini merupakan penelitian awal yang termasuk di dalam tahap yang pertama yaitu penelitian dan pengumpulan data dalam prosedur penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini hanya terbatas pada analisis kebutuhan yang bersumber dari hasil wawancara dan angket peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen analisis kebutuhan yaitu wawancara untuk guru dan angket untuk peserta didik.


Hasil analisis kebutuhan menunjukan bahwa guru dan peserta didik membutuhkan pengembangan model permainan tradisional Jawa Tengah untuk pembelajaran matematika dan untuk mengembangkan karakter kerjasama pada peserta didik di kelas II Sekolah Dasar.

References

Bild, W. (2016) Pendidikan Karakter Terencana Melalui Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education. 2(1) :46-53.
Febriani, N.S, Dian Budiana.(2017). Upaya Mengembangkan Nilai–Nilai Kerjasama Melalui Penerapan Permainan tradisional Bakiak dan Gatrik. Journal of Teaching Physical Education In Elementary School. 1(1):33-41.
Salahudin, A, irwanto Alkreinciechie. (2013).Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasis Agama Dan Budaya Bangsa. Bandung:Cv Pustaka ceria.
Sholeh, M. Anisa Fatwa Sari. (2018).Proses Metakognisi Tahap Evaluation Siswa Smp dalam Menyelesaikan Soal Pisa. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika. 2 (1): 26-30.
Kurniati,E.(2016). Permainan tradisional dan Peranannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak.Jakarta:Prenademedia Group.
Marsigit.2018. Matematika Untuk Sekolah Dasar. Yogyakarta: Matematika
Muslimin,dkk. (2012). Desain Pembelajaran Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Permainan tradisional Congklak Berbasis Pendidikan Matematika Realistik
Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar.Jurnal Kreano. 3 (2): 100-112.
Ni’am, L. S. K . (2017). Pengaruh Pemberian Permainan tradisional Terhadap Kerjasama Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan.
5 (2): 321 – 328.
Nurrahmah, A. dan Rita Ningsih. (2018). Penerapan Permainan tradisional
Berbasis Matematika.Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2 (2) : 43-50.
Rukiah. (2018). Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Permainan Kartu di Kelas II SDN Habau Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan. 4 (2): 9-19
Suherman, W.S, dkk. (2017) Pengembangan “Majeda”
Untuk Mengoptimalkan Tumbuhkembang Peserta didik Taman Kanak-Kanak. Jurnal Cakrawala Penidikan. (2) : 220-230
Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Widodo, P, Ria Lumintuarso. (2017). Pengembangan Model Permainan tradisional untuk Membangun Karakter pada Peserta didik SD Kelas Atas. Jurnal Keolahragaan. 5 (2): 183-193.
Yeni, E.M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jupendas. 2 (2): 1-10
Yudiwinata, H.P. dan Handoyo. P. (2014). Permainan Tradisional dalam Budaya dan Perkembangan Anak. Paradigma. 2 (3): 1-5.
Yulianti, S.D. dkk. (2016). Pendidikan Karakter Kerjasama dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013.Jurnal Teori dan Praksis PembelajaranIPS. 1(1): 33-38.
Published
2019-06-19
How to Cite
CHAELANI, Iin; FEBRIANTA, Yudha; MUSLIM, Arifin. ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN TRADISIONAL JAWA TENGAH UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Keolahragaan, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 155-163, june 2019. ISSN 2614-2341. Available at: <http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jemani/article/view/273>. Date accessed: 06 aug. 2020.
PROMO WIN BONUS bagi member Bandar Judi Bola hanya di bolaonline303