PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap perkembangan psikomotor anak.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pretest–postest rondomized group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri III Ngalian sebanyak 20 orang. Teknik pengambilan data dengan puposive sample. Treatmen diberikan 2 kali seminggu selama 12 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pengukuran. Instrumen yang digunakan TKJI. Teknik analisis data menggunakan uji t melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas.
Hasil uji-t diperoleh nilai t hitung sebesar -4,129 dan nilai t tabel pada dk (0,05) (27) sebesar 1,703 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Oleh karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel (-4,129> 1,703), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh permainan tradisional terhadap perkembangan psikomotor anak kelas.
References
Ane Ahira. (2010). Permainan Tradisional. http://www.anneahira.com/permainan-bentengan.htm. Diakses tanggal 8 Juli 2019.
Hurlock, Elizabeth. (1978). Perkembangan Anak Edisi Keenam. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kemendiknas. (2010). Tes Kesegaran Jasmani Untuk Anak. Jakarta: Kemendiknas.
artikel yang dimuat di jurnal jemani merupakan hak cipta penulis, seluruh isi artikel diluar tanggng jawab penerbit.