PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK

  • Anung Ismoko STKIP PGRI Pacitan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap perkembangan psikomotor anak.


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pretest–postest rondomized group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri III Ngalian sebanyak 20 orang. Teknik pengambilan data dengan puposive sample. Treatmen diberikan 2 kali seminggu selama 12 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pengukuran. Instrumen yang digunakan TKJI. Teknik analisis data menggunakan uji t melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas.


Hasil uji-t diperoleh nilai t hitung sebesar -4,129 dan nilai t tabel pada dk (0,05) (27) sebesar 1,703 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Oleh karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel (-4,129> 1,703), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh permainan tradisional terhadap perkembangan psikomotor anak kelas.

References

Amung, Ma’mun dan M. Saputra Yudha. (2000). Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Bandung: IKIP Bandung Press.

Ane Ahira. (2010). Permainan Tradisional. http://www.anneahira.com/permainan-bentengan.htm. Diakses tanggal 8 Juli 2019.

Hurlock, Elizabeth. (1978). Perkembangan Anak Edisi Keenam. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kemendiknas. (2010). Tes Kesegaran Jasmani Untuk Anak. Jakarta: Kemendiknas.
Published
2019-06-19
How to Cite
ISMOKO, Anung. PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Keolahragaan, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 146-154, june 2019. ISSN 2614-2341. Available at: <http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jemani/article/view/272>. Date accessed: 12 aug. 2020.
PROMO WIN BONUS bagi member Bandar Judi Bola hanya di bolaonline303