MERDEKA BELAJAR :UPAYA MEMPERBAIKI KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP DASAR MATA KULIAH ALJABAR LINIER PADA MAHASISWA PENDIDIKAN INFORMATIKA STKIP PGRI PACITAN

  • Tika Dedy Prastyo STKIP PGRI Pacitan
  • Khoirul Qudsiyah STKIP PGRI Pacitan

Abstract

Kekeliruan memahami konsep dasar pada mata kuliah aljabar linier memberikan dampak berkelanjutan pada penguasaan topik-topik bahasan aljabar linier selanjutnya. Penelitian ini berupaya untuk memberikan keleluasaan kepada mahasiswa untuk mengungkapkan langkah-langkah apa saja yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kesalahan konsep dasar aljabar linier terutama disaat pembelajaran tanpa tatap muka langsung selama pandemi melanda negeri ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yakni akan memaparkan kegiatan merdeka belajar dalam upaya memperbaiki kesalahan konsep dasar aljabar linier. Sumber data diambil dari mahasiswa yang menempuh mata kuliah aljabar linier program studi pendidikan informatika STKIP PGRI Pacitan semester gasal 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menemukan kesulitan operasi perkalian matrik pada bahasan aljabar dengan dorongan melakukan literasi mandiri melalui aktivitas membaca dan menganalisa serta melakukan konstruksi komunikasi dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan konsep dasar aljabar linier dalam kerangka merdeka belajar selama pembelajaran daring. Merdeka dalam konteks mengumpulkan informasi dari sumber-sumber belajar yang ada di sekitar mereka merupakan langkah awal dalam mengenalkan merdeka belajar bagi mahasiswa.

References

Arnawa, I. M. (2007). Mengembangkan Kualitas Pemahaman Dalam Aljabar Abstrak Melalui Pembelajaran Berdasarkan Teori Apos (Eksperimen Pada Mahasiswa Matematika Unand dan Pendidikan Matematika UNP). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(68), 809-826. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i68.402

Astuti, A., & Sari, N. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Struktur Aljabar Di Stkip Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 73-80. doi:https://doi.org/10.22342/jpm.12.2.4142.73-80

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 155-164. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i2.973

Hendri, N. (2020). Merdeka Belajar; Antara Retorika dan Aplikasi. E-tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, Volume 08 Number 01 2020. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/e-tech/article/view/107288/pdf

Malihatuddarojah, D., & Prahmana, R. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Operasi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1-8. doi:https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6668.1-8

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141-147. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248

Novianingsih, H. (2020). Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 1 No. 1, Desember 2016, hlm. 1-11. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/9063/5639

Permatasari, D., & Harta, I. (2018). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Sekolah Pendidikan Dasar Kelas V Dan Kelas Vii: Cross-Sectional Study. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 99 - 115. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.726

Qudsiyah, K., & Fitriani, F. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smkn. Jurnal Edumatic, 1(1). Retrieved from http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/edumatic/article/view/313

Rosmaiyadi, R. (2018). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Aljabar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Stkip Singkawang. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 59-70. doi:https://doi.org/10.22342/jpm.12.1.4083.59-70

Soedjoko, E. (2011). Perkembangan Representasi Mental Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 38(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/view/491/448

Suprapti, E., & Mursyidah, H. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Aljabar Linier dengan Tahapan 4Me untuk Pengembangan Karakter 4C's Mahasiswa. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 208-220. doi:http://dx.doi.org/10.30651/must.v2i2.841

Yamin, M. & Syahrir. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education Vol. 6. No. 1. April 2020. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/1121
Published
2021-02-27
How to Cite
PRASTYO, Tika Dedy; QUDSIYAH, Khoirul. MERDEKA BELAJAR :UPAYA MEMPERBAIKI KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP DASAR MATA KULIAH ALJABAR LINIER PADA MAHASISWA PENDIDIKAN INFORMATIKA STKIP PGRI PACITAN. Jurnal Edumatic, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 51-57, feb. 2021. ISSN 2723-8210. Available at: <http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/edumatic/article/view/341>. Date accessed: 13 apr. 2021.
PROMO WIN BONUS bagi member Bandar Judi Bola hanya di bolaonline303