PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI BANDAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Nadia Listyana STKIP PGRI Pacitan
  • Taufik Hidayat STKIP PGRI Pacitan
  • Dwi Cahyani Nur Apriyani STKIP PGRI Pacitan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh tipe kepribadian (extrovert dan introvert) terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa; 3) Pada masing-masing tipe kepribadian (extrovert dan introvert), manakah kategori kecerdasan emosional yang memberikan hasil belajar lebih baik, kecerdasan emosional tinggi, sedang atau rendah; 4) pada masing-masing kecerdasan emosional (tinggi, sedang dan rendah), manakah tipe kepribadian yang memberikan hasil lebih baik, tipe kepribadian extrovert atau tipe kepribadian introvert. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif (ex-post facto) menggunakan desain penelitian 2 x 3 faktorial. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri Bandar kelas X TKJ, TKR, APHP A dan APHP B berjumlah 86 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA dua jalan dengan sel tak sama dan prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis menggunakan bantuan Program SPSS versi 16.0. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa: 1) Tipe kepribadian (extrovert dan introvert) berpengaruh sama terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) Kecerdasan emosional tinggi memberikan hasil belajar matematika yang sama dengan kecerdasan emosional sedang, sedangkan kecerdasan emosional sedang lebih baik daripada kecerdasan emosional rendah dan kecerdasan emosional rendah tidak lebih baik dibandingkan dengan kecerdasan emosional tinggi dan sedang; 3) Pada masing-masing tipe kepribadian (extrovert dan introvert), kecerdasan emosional (tinggi, sedang, rendah) memberikan hasil belajar matematika yang sama; 4) Pada kecerdasan emosional (tinggi, sedang, rendah), tipe kepribadian (extrovert dan introvert) memberikan hasil belajar matematika yang sama.

References

Cain, Susan. 2013. Quiet: Kekuatan Introvert didalam Dunia yang Tidak Bisa Berhenti Bicara. Yogyakarta: ANDI.
Daud, Firdaus. 2012. “Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo ”. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran. Vol. 19, Nomor 2, Oktober 2012.
Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Goleman, Daniel. 1996. Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Paneo, Herman. 2007. “Pengaruh Umpan Balik Evaluasi Formatif dan Kepribadian Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. No. 067, Tahun Ke-13, Juli 2007.
Setyawan, Andoko Ageng & Simbolon, Dumora. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Kansai Pekanbaru”. Jurnal Pendidikan. Volume 11, Nomor 1 Tahun 2018
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B). Bandung: Alfabeta.
Thaib, Eva Nauli. 2013. “Hubungan antara prestasi belajar dengan kecerdasan emosional”. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. Vol.XII No.2. Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah IAIN.
Ulya, Nur Maziyah. 2016. “Pengaruh Metode Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab (Studi Eksperimen Pada MAN 1 Semarang)”. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 10, Nomor 1, April 2016. ISSN 1979-1739.
Published
2021-02-27
How to Cite
LISTYANA, Nadia; HIDAYAT, Taufik; APRIYANI, Dwi Cahyani Nur. PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI BANDAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Edumatic, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 44-50, feb. 2021. ISSN 2723-8210. Available at: <http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/edumatic/article/view/340>. Date accessed: 13 apr. 2021.
PROMO WIN BONUS bagi member Bandar Judi Bola hanya di bolaonline303